Bingung Cari Tontonan Bermanfaat untuk Anak? Ini Tiga Tontonan Film Kartun Rekomendasi Selama di Rumah

Source:shakarofoundation.com

Hai, Miks!

Sekarang, anak hidup di zaman yang berbeda dengan para orang tuanya. Di mana saat ini, anak dihadapkan dengan kecanggihan-kecanggihan teknologi yang mungkin dulu belum ditemukan saat orang tuanya masih kecil. Beragam informasi dan tontonan dengan mudah diakses anak-anak saat ini.

Apa lagi saat ini, anak-anak berada 24 jam penuh di rumah. Tidak bisa dihindari memang bahwa tontonan di beberapa channel YouTube menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak. Setelah mereka berkutat dengan tugas-tugas dan pembelajaran online.

Akan tetapi, anak adalah kertas putih yang kosong. Bagaimana kita menuliskannya, seperti itulah kemungkinan nilai yang tertanam pada anak. Maka dari itu, besar kemungkinan pilihan anak ketika menonton seperti itulah pelajaran yang ditangkap oleh anak.

Sebagai orang tua, sudah sewajibnya untuk tetap memantau anak-anak dalam menonton. Mendampingi mereka dan mengarahkan ketika ada nilai-nilai yang tidak sesuai dengan nilai yang keluarga anut. Walaupun kita tidak bisa setiap saat mendampingi anak-anak, setidaknya orang tua perlu memilihkan beberapa tontonan yang menghibur sekaligus mendidik anak-anak.

Berikut beberapa tontonan pilihan menghibur dan mengedukasi untuk anak-anak:

1. Nusa Rara

Channel Nusa Rara merupakan channel youtube milik anak bangsa. Isi ceritanya adalah tentang kakak (Nusa) beradik (Rara) yang selalu memiliki cerita sehari-hari yang penuh hikmah.

Tontonan Nusa Rara lebih mengedepankan pada akhlak seorang anak dan kebiasaan sehari-hari yang menunjukkan adab mereka.

Seperti contohnya ada di salah satu ceritanya di mana saat itu Rara bermimpi seram dan ketakutan tidur sendirian. Kemudian, Nusa sebagai kakak datang menghampiri Rara dan menjelaskan tata cara sebelum tidur. Ketika Nusa ingin kembali ke kamarnya, Rara ketakutan lagi. Akhirnya, Nusa menemani Rara sampai tertidur.

2. Upin Ipin

Film Upin Ipin yang berasal dari negara Malaysia ini memang sudah tidak asing lagi di telinga anak-anak dan orang tua. Kisah keseharian mereka selalu ditunggu dan dinanti para penggemar hiburan film kartun.

Upin dan Ipin merupakan kakak beradik kembar yang memiliki segudang cerita bersama kawan-kawannya Ehsan, Mei Mei, Mail, Fizi, Jarjit, Ijat, Dzul, Devi, Susanti, dan lainnya. Dalam film Upin Ipin ini lebih menceritakan kepada keberagaman suku, agama, dan ras. Bagaimana mereka tetap bermain bersama dan saling menghormati terhadap kebudayaan dan keyakinan masing-masing.

3. Diva

Serial Diva mengedepankan pada pembelajaran anak-anak. beberapa serialnya menampilkan pembelajaran mengenai membaca huruf, mengenal bangun datar, menghitung, mengenal angka, dan lain sebagainya. Untuk menonton seluruh serial Diva, saat ini bisa ditonton langsung di channel YouTube-nya.

Nah, itu tadi tiga tontonan yang sangat mengedukasi dan menghibur untuk anak-anak. Selamat menonton, Miks. Jangan lupa ajak seluruh keluarga ikut menonton, ya.

2 Shares:
8 comments
  1. Tiga film anak itu emang Bagus mbak. Alhamdulillah cerita-ceritanya juga banyak pelajaran buat dunia anak. Keren artikelnya, mbak! ­čą░

    1. iya, bundanya juga jadi banyak belajar ya. anakku kadang malah suka ingetin bundanya, “Jangan marah, maka bagimu surga.” itu ngambil di salah satu episode nusa rara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like