6 Trik Membangun Bisnis Bagi Pemula! Poin 4 Wajib Diingat!

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Diam di rumah bukan berarti Anda tak bisa mengerjakan apa-apa yang berujung adanya penghasilan tambahan. Malahan efek positif adanya corona, banyak yang menambah kesibukkan barunya dengan menjadi pejuang online shop.

Nah, Anda yang masih pemula tak perlu khawatir untuk merintis usaha baru. Lantas, bagaimana caranya berdagang di era digital sekarang ini? Apa yang perlu dilakukan agar setiap hari Anda bisa banjir orderan dan berujung pada transferan?

1. Tetapkan Niat

Apa niat Anda untuk memulai bisnis? Ingin menambah pemasukan agar dapur tetap mengepul? Atau ingin memiliki kesibukan agar waktu tak terbuang percuma? Boleh, silakan dan catat agar suatu waktu ketika Anda tak mau lagi berdagang ini bisa menjadi tamparan keras dan akhirnya Anda memilih untuk berjuang kembali.

Semakin besar sebuah niat semakin luas pula jangkauan yang akan didapat. Oleh karena itu, perluas lagi niat Anda ingin berdagang. Jangan sampai manfaatnya hanya bisa dirasakan oleh Anda dan sekeluarga. Jangan sampai hanya untuk kebutuhan perut Anda. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bisa bermanfaat bagi sesama?

Apa lagi saat ini kita sedang diuji dengan adanya wabah corona. Tenaga medis, orang-orang yang kurang mampu, anak-anak yatim, bahkan mungkin saja tetangga di sekitar kita butuh bantuan. Bila pegawai bisa merasakan gajinya setiap bulan, bagaimana dengan mereka yang gajiannya harian, itu pun didapat bila harus ke luar rumah. Mereka pasti butuh uluran tangan. Nah, mari perluas niat berdagang agar manfaatnya bukan hanya untuk diri dan keluarga, tetapi juga buat sesama.

2. Cari Produk atau Jasa yang Anda Minati

Anda pencinta tas, sepatu, make up, peralatan dapur atau lainnya? Mulailah menjual dari apa yang paling Anda senangi. Misalnya, Anda pencinta buku, tentu Anda akn selalu meng-update buku-buku terbaru, bahkan terlaris, atau terkeren versi Anda. Ini bisa menjadi peluang bisnis Anda.

Mungkin juga Anda punya keahlian memasak, menjahit, menulis? Anda pun bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis. Anda masak apa saja, kemudian tawarkan lewat media sosial. Mudah, bukan?

3. Tambah Database

Anda banyak tergabung dalam grup? Ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengumpulkan database sebanyak-banyaknya. Caranya? Cukup Anda men-japrinya, memperkenalkan diri dn meminta izin untuk saling menyimpan kontak. Makin banyak database yang Anda miliki, akan makin banyak pula peluang orang mengetahui, bahkan membeli produk yang Anda miliki.

4. Hindari Banyak Iklan

Apa yang Anda lakukan bila sedang menonton film kesayangan lantas diselingi iklan? Pasti Anda akan mengganti channel lain sekadar tak melihat banyaknya iklan. Nah, orang-orang yang membaca status atau broadcast Anda pun seperti itu. Jika Anda banyak membahas produk yang dijual kemungkinan besar notifikasi status Anda akan dibisukan atau suatu saat berpotensi di blokir. Tentu Anda tak menginginkannya, bukan? Nah, lantas kapan melakukan iklan?

Iklan boleh-boleh saja yang terpenting tepat pada waktunya. Sambil menunggu momen yang tepat, Anda bisa membagikan informasi yang bermanfaat, entah itu tips kesehatan, memasak atau apa saja yang menurut Anda bisa membuat oang lain bahagia membacanya. Dengan cara ini orang lain akan merasa nyaman dengan kehadiran kontak Anda.

5. Jalin Persahabatan

Bila database sudah banyak maka, mulailah beri komentar di setiap statusnya. Tentukan target, apakah Anda akan mengomentari status 10—15 teman dalam sehari atau lebih? Dan pastikan setiap harinya Anda memberikan komentar yang berbeda tergantung apa statusnya.

Dengan sering mengomentari status teman Anda sudah memulai langkah jitu untuk menjalin kedekatan. Bila komunikasi makin intens, maka Anda pun bisa menjalin persahabatan meskipun sebatas dunia Maya. Bangun persahabatan sebelum membangun kepercayaan, dengan begitu akan semakin mudah Anda menawarkan produk nantinya.

6. Ikuti Kelas Bisnis

Mengikuti kelas bisnis tak harus pergi ke tempat seminar. Apa lagi sekarang ini kita dituntut untuk menjaga jarak untuk mengurangi risiko tertularnya virus corona. Kelas bisnis saat ini bisa diikuti secara online, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Di kelas bisnis inilah Anda akan diberikan banyak materi terkait trik membangun bisnis, juga diberikan target untuk menjadi pengusaha.

Itulah 6 trik yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis baru. Semoga usaha yang mulai Anda rintis berjalan lancar dan banyak menuai keuntungan, serta bermanfaat bagi sesama. Selamat mencoba, ya, Miks!

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like