5 Tips agar Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona

Source: socialsmom.com

Hai, Miks!

Social distancing adalah suatu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Akibatnya, jalan maupun pusat keramaian menjadi sepi.

Kita tidak tahu sampai kapan masa social distancing ini diberlakukan karena ribuan orang di negeri ini masih terjangkit virus Corona. Social distancing ini pun membuat banyak orang merasa bosan berada di rumah saja sehingga melakukan berbagai hal untuk menghindari stres, misalnya dengan banyak makan dan mengonsumsi makanan manis.

Padahal, hal itu bisa membuat kekebalan tubuh menurun dan berakibat timbulnya berbagai penyakit. Seharusnya, di tengah wabah corona masyarakat lebih bisa menjaga daya tahan tubuhnya agar tak mudah tertular virus.

Untuk itu, lakukanlah 5 tips di bawah ini  agar tubuh tetap sehat di tengah wabah corona.

1. Hindari Makanan Manis

Makanan manis yang banyak mengandung gula bisa mengakibatkan kesehatan tubuh memburuk. Rasa cemas, tekanan terhadap kekebalan tubuh, bahkan kematian dini bisa menjadi efek buruk dari banyaknya mengonsumsi gula berlebih.

Makanan manis sejatinya tidak menghilangkan rasa lapar, tetapi malah merangsang rasa lapar lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan tinggi gula dan memilih camilan sehat yang mengenyangkan. Contohnya seperti buah rendah gula atau kacang-kacangan.

 2. Hindari Konsumsi Minuman Tak Sehat

Dalam masa social distancing seperti ini memang mudah sekali menimbulkan stres, terutama pada orang yang tak terbiasa berada di rumah saja. Akan tetapi, hal itu tak bisa dijadikan alasan untuk mengonsumsi minuman tak sehat seperti minuman beralkohol.

Selain minuman beralkohol, teh dan kopi juga sebaiknya dihindari atau dikurangi. Mengonsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan insomnia, gelisah, dan diare.

3. Hindari Junk Food

Tak sedikit masyarakat yang membeli banyak makanan instan sebagi stok selama wabah COVID-19 meskipun mereka sudah tahu bahwa mengonsumsi makanan instan sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampaknya adalah tidak dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda membeli makanan sehat dan memasaknya hingga setengah matang. Setelah itu Anda masukkan ke lemari es agar bisa diolah di lain hari. Dengan demikian, Anda dan keluarga akan lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi makanan instan.

4. Batasi Keinginan Membeli Banyak Makanan

Selama berada di rumah saja, tak sedikit orang memanfaatkan hal ini sebagai ajang untuk melampiaskan keinginannya mengonsumsi banyak makanan. Salah satu alasannya adalah untuk mengusir rasa bosan.

Mulai sekarang, batasilah keinginan tersebut agar tubuh Anda tetap sehat. Lakukan beberapa hal untuk mengatasi keinginan Anda tersebut. Contohnya dengan cara berpuasa atau menyiapkan makanan alternatif yang lebih sehat.

5. Jangan Malas Bergerak

Berada di rumah bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan. Hal itu bisa membuat tubuh Anda rentan terkena penyakit. Gerakkan tubuh Anda dan lakukan olahraga ringan di rumah.

Jika Anda Anda suka memasak, Anda bisa mencoba beberapa resep baru. Anda juga bisa membersihkan dan mengubah tatanan dalam rumah, merapikan kebun, dan sebagainya agar tubuh tetap bergerak aktif selama masa social distancing.

Nah, Miks! Demikianlah tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat dan tidak gampang tertular virus dan penyakit. Terlebih di saat wabah virus corona seperti saat ini. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
2 comments
  1. Iya mbak…. Memang kepanikan banyak membawa dampak negatif terhadap diri seseorang… Apalagi di masa wabah ini…. Sangat mengkhawatirkan sekali..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like