Berpuasa di Masa Lockdown, Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan agar Anak Menyelesaikan Puasa Tanpa Bosan

Source: rumahzakat.com

Hai, Miks!

Bulan Ramadan sebentar lagi datang menyapa umat muslim di suluruh dunia. Dalam hitungan hari lagi, umat Islam bersama-sama berpuasa. Orang dewasa maupun anak-anak yang baru belajar berpuasa menyambut dengan gembira bulan Ramadan ini.

Untuk anak yang baru belajar, berpuasa memang menjadi salah satu hal yang butuh pembiasaan lebih karena anak-anak yang biasanya selalu makan tepat waktu atau jajan saat sedang ingin, ketika berpuasa harus menahan semua hal tersebut. Apa lagi saat ini, di mana virus corona sedang mewabah di Indonesia dan pemerintah menganjurkan untuk tetap tinggal di rumah.

Maka dari itu, sebagai orang tua,  kita harus memutar otak untuk memikirkan kegiatan selama bulan Ramadan agar anak-anak yang menghabiskan waktu seharian penuh di rumah tidak bosan dan bisa menyelesaikan puasanya sampai magrib tanpa banyak mengeluh.

Berikut kegiatan yang bisa menjadi inspirasi Anda mengisi waktu selama bulan Ramadan:

1. Kegiatan Pagi

Setelah menyelesaikan sahur bersama keluarga, anak-anak bisa melaksanakan shalat subuh berjamaah. Dilanjutkan dengan kegiatan mengaji dan menghapal bersama surat-surat pendek yang mudah dibaca dan dihapalkan.

Setelah matahari mulai menampakkan sinarnya, Anda bisa mengajak anak-anak untuk jalan-jalan sekitar rumah saja. Selanjutnya, ajak anak membantu merapihkan dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Tentunya berikan pada anak tugas yang sesuai dengan umurnya.

2. Waktu Duha

Waktu Duha sekitar pukul 9—10, ajak anak untuk menunaikan salat sunah Duha. Kegiatan ini bisa  mengajarkan anak tentang tambahan ibadah sunah. Selanjutnya, bisa ajak anak untuk melakukan kegiatan rumah yang menarik, misalkan membaca atau praktik sederhana tentang materi-materi yang ada di buku pelajaran.

Pilihlah bacaan dan praktikkan hal-hal menarik yang ada di buku dengan anak-anak agar mereka tidak bosa menunggu waktu berbuka dan menjalani puasa dengan bahagia.

3. Kegiatan Siang

Setengah hari sudah anak melaksanakan ibadah puasa. Ajak anak salat Zuhur berjamaah, selanjutnya bisa ajak anak mengaji dan dilanjutkan dengan tidur siang.

4. Kegiatan Sore

Alhamdulillah, waktu Asar telah tiba. Ajak anak untuk menyegarkan diri terlebih dahulu dengan mandi sore dan salat Ashar. Kemudian, bisa minta mereka untuk membantu mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Setelah selesai semuanya, ajak anak untuk jalan-jalan sore sambil menunggu waktu berbuka puasa. Semoga anak-anak bisa menyelesaikan puasanya tanpa rintangan yang berarti.

Nah, Itu adalah kegiatan yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membersamai anak-anak berpuasa. Walaupun praktiknya nanti mungkin ada beberapa hambatan, tetapi jika dilaksanakan dengan disiplin dan terus menerus akan menjadi kebiasaan dan anak menjalani dengan bahagia. Intinya adalah ajak anak untuk ikut serta dalam setiap kegiatan yang kita lakukan dalam menjalani ibadah puasa.

Oke, Miks, selamat mencoba kegiatan di atas. Jangan bosan untuk terus berkreasi mencari kegiatan bersama anak-anak.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like