Anak Asik Nonton, Lakukan Ini agar Tontonan Lebih Terarah

Source: tirto.id

Hai, Miks!

Masa-masa di mana anak sedang dirumahkan dari sekolahnya merupakan waktu yang sangat krusial dalam pendidikan mereka. Saat mereka 24 jam selama lebih dari 14 hari berada di rumah, maka ini merupakan waktu yang tepat untuk menguatkan ikatan hati dan pendidikan keluarga pada anak-anak.

Tidak bisa dimungkiri, televisi dan aplikasi YouTube berperan besar dalam pendidikan anak-anak. Terkadang, anak-anak mendapat tugas untuk menonton suatu acara di televisi atau ketika mereka bosan, maka aplikasi YouTube menjadi salah satu hiburan mereka.

Agar aktivitas nonton anak-anak menjadi produktif, peran orang tua pun tidak kalah besar untuk menanamkan nilai yang baik dan mengarahkan pemikiran mereka. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua saat anak-anak sedang asik nonton acara pilihan mereka:

Pilihkan Acara yang Baik

Langkah pertama yang bisa dilakukan orang tua dalam mengarahkan anak-anak adalah memilihkan acara atau tontonan yang terbaik untuk mereka.

Dampingi ketika Sedang Menonton

Apa pun fasilitas yang digunakan, terkadang ada saja hal-hal yang tidak sesuai. Misalkan di televisi, saat acara film kartun yang sepertinya tidak ada hal aneh di sana, tapi ketika iklan, ada saja yang kadang memperlihatkan iklan orang dewasa atau di aplikasi menonton lainnya.

Oleh karena itu, perlu kiranya orang tua mendampingi anak-anak ketika menonton walau dirasa film yang ditonton tidak ada masalah. Selain itu, dengan mendampingi anak-anak bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.

Ajak Diskusi

Ketika menonton, jangan lupa ajak anak diskusi apa yang ditontonnya. Misalkan tentang nilai-nilai yang bisa diambil atau hal-hal yang sekiranya tidak baik untuk diikuti oleh anak. Dengan diskusi, kita sebagai orang tua bisa sekaligus menjelaskan mengenai hal yang baik dan buruk untuk dilakukan sehingga anak makin lama bisa makin cerdas memilah dan memilih.

Ambil Kesimpulan

Terakhir, agar nilai yang diambil lebih tertanam di dalam pikiran dan jiwa anak-anak, ada kalanya kita perlu mengambil sebuah kesimpulan dari apa yang ditonton dan dari hasil diskusi. Bisa juga kita menyambungkan dengan peristiwa dan aplikasi pada kehidupan sehari-hari. Dengan begitu anak bisa langsung mempraktikkan apa yang baru diketahuinya.

Demikian tips yang bisa dilakukan orang tua ketika anak sedang asik dengan tontonannya. Sebagai orang tua yang merupakan madrasah pertama dan utama anak-anak, penjelasan pertama kali tentang satu hal sebaiknya mereka dapatkan dari orang tuanya. Selamat mencoba tips di atas, Miks.

0 Shares:
1 comment
  1. Benar mbak… Kebanyakan orang tua hanya mencari tontonan dimana anak2 akan diam tanpa mengganggu mereka sedang bekerja atau bahkan main HP… Tanpa memilih mana yang baik dan buruk utk perkembangan jiwa anak…. Mantap mbak…. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like