Menjadi Full Time Mom di Masa Lockdown, Lakukan Ini untuk Atasi Stres

Source: mediaindonesia.com

Hai, Miks!

Menjadi full time mom memang bukan perkara mudah. Apa lagi untuk wanita yang biasa bekerja. Biasanya, hanya di waktu-waktu tertentu saja merasakan kerepotan saat aktivitas berjalan biasa. Pagi hari dan malam hari. Akan tetapi, kali ini Anda harus dihadapkan pada kegiatan luar biasa dan keriuhan rumah selama 24 jam penuh. Bukan hanya satu atau dua hari, tetapi sudah lebih dari dua pekan, dan entah akan berlanjut hingga kapan. Semoga secepatnya. Aamiin.

Oleh karena itu, butuh usaha yang sangat besar untuk bisa mengelola emosi sebagai seorang full time mom.  Sebab kini, setiap saat, keluarga Anda berkumpul bersama dengan segala keinginannya, bahkan terkadang masak pun bisa sampai lebih dari dua kali dan rumah pastinya tidak akan bisa serapi biasanya.

Melihat kondisi yang tidak biasanya terjadi dan dialami itu, bisa membuat seorang wanita stres. Walaupun masih tahap ringan, tetap harus memperhatikan hal-hal kecil yang bisa memicu stres dan kemudian mengatasinya. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi st

1. Tenangkan Hati dan Ikhlaskan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menenangkan hati ketika stres melanda. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalkan menarik napas dalam, diam sejenak, atau berzikir. Ikhlaskan semua yang terjadi, ikhlaskan bahwa memang kodrat wanita adalah seorang ibu yang sangat diandalkan keluarga di berbagai aspek kehidupan.

2. Ambil Waktu untuk SSendiri

Terkadang, seorang ibu membutuhkan waktu untuk sendiri tanpa gangguan. Mintalah pada keluarga untuk tidak mengganggu waktu sendiri Anda. Mungkin bisa 10 menit atau 20 menit, yang penting Anda bisa melakukan sesuatu yang menjadi hobi Anda agar bisa sejenak melupakan kepenatan.

3. Bersosialisasi

Meskipun sedang dalam kondisi lockdown atau karantina atau social distancing, tetapi bersosialisasi tetap merupakan kebutuhan. Sebab, manusia adalah makhluk sosial, butuh orang lain. Hanya saja, cara bersosialisasinya yang berbeda. Kalau sebelumnya Anda biasa berbincang di teras depan rumah tetangga, maka sekarang secara digital. Anda bisa menyapa lewat video call, WhatsApp atau telepon.

4. Lakukan Kegiatan Bersama Keluarga

Pekerjaan rumah tangga seorang ibu tidak akan ada habisnya. Sesekali ajaklah keluarga untuk bekerjasama membersihkan rumah. Anda bisa membagi pekerjaan kepada seluruh anggota keluarga sesuai dengan kemampuannya. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih ringan.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak anggota keluarga melakukan hal fisik lainnya, misalkan dengan berkebun. Terkadang, kegiatan fisik yang positif bisa menimbulkan pemikiran yang positif.

Oke, Miks. Selamat mencoba tips di atas. Walau sekarang masa pandemi, tetap bahagia menjalani hidup bersama keluarga, ya.

 

0 Shares:
5 comments
  1. Poin dua bener banget hehe… Harus bisa mengembangkan hobi biar enggak lupa diri. Terima kasih buat ilmunya ya, Mbak. 😘😘😘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like