Ini Dia 5 Tips Seru Menyambut Ramadan Bersama Buah Hati

Foto: idntimes.com
Hai, Miks!
Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti banyak umat muslim. Bulan di mana umat muslim diwajibkan berpuasa dari terbit hingga terbenam matahari. Puasa Ramadan wajib dilakukan karena merupakan satu dari rukun Islam.
Kewajiban berpuasa memang belum jatuh pada anak usia dini. Namun, tidak ada salahnya berpuasa mulai dikenalkan sejak anak usia dini agar kelak anak terbiasa dan dapat berpuasa dengan senang hati tanpa harus dipaksa. Untuk itu, penting mengenalkan Ramadan dan puasa pada anak dengan cara yang menyenangkan. Berikut 5 tips seru menyambut Ramadan bersama buah hati.

1. Menceritakan Kemuliaan Ramadan

Orang tua bisa mengenalkan euforia menyambut Ramadan dengan menghias rumah menjadi bernuansa Ramadan, seperti hiasan dinding bertuliskan Marhaban ya Ramadan. Libatkan anak dalam pembuatan sehingga anak juga ikut merasakan euforia menyambut bulan ini.

2. Mengenalkan Manfaat Berpuasa

Kita akan semangat melakukan sesuatu kalau ada motivasi kuat di dalamnya. Begitu juga dengan anak. Oleh karena itu, penting untuk mengenalkan pada anak tentang keutamaan berpuasa dengan cara yang menyenangkan sehingga menimbulkan rasa cinta. Orang tua bisa mengenalkan dengan cara membacakan buku bertema Ramadan. Selain dengan buku, pengenalan tentang keutamaan Ramadan bisa dengan cara yang mudah yang diterima, yaitu dengan lagu.

3. Membuatkan Menu Sahur dan Berbuka Kesukaan Anak

Membangunkan anak untuk sahur pasti akan menjadi tantangan tersendiri. Hal ini bisa disiasati dengan membuatkan menu sahur kesukaan anak. Beri tahu anak apa yang akan orang tua sajikan saat sahur di malam sebelumnya agar anak semangat untuk bangun awal. Sedangkan untuk mengisi hari dan menghindari kebosanan selama berpuasa, anak bisa diajak dalam proses membuat menu favorit untuk sajian berbuka puasa.

4. Merancang Menu Bermain

Mengisi hari dalam keadaan berpuasa pasti membutuhkan semangat lebih dari hari biasanya. Orang tua diharapkan bisa menjaga semangat anak agar tidak bosan dan berkurang motivasi. Hal ini bisa disiasati dengan merancang kegiatan bersama selama Ramadan seperti berkisah tentang nabi, olahraga ringan atau pergi belanja bersama.
.

5. Menyiapkan Daftar Ibadah Harian Bersama

Bulan Ramadan adalah bulan berlimpahnya pahala di mana setiap ibadah berlipat pahalanya dibanding bulan lainnya. Ajak anak untuk perbanyak ibadah dengan membuat daftar ibadah harian. Di sini, penting bagi orang tua untuk memberikan keteladanan dalam membangun semangat ibadah sehingga anak juga tertular semangat beribadah.
.
Demikian tips menyambut Ramadan bersama buah hati. Semoga bisa memberi kesan bahwa Ramadan dan berpuasa itu menyenangkan.
0 Shares:
4 comments
  1. Subhanallah Mbak, artikel ok banget untuk Miks menjalankan.ibadah puasa Ramadhan bareng sama buah hatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like