Ramadan #DiRumahAja, Lakukan 10 Aktivitas Bersama Anak di Rumah agar Momen Puasa Lebih Seru

Halo, Miks!

Momen Ramadan bisa jadi pengalaman yang menarik bagi anak-anak. Untuk itu, jangan sampai mereka melewatkan momen setahun sekali ini tanpa mengisinya dengan beragam aktivitas seru.

Antusiasme berpuasa pada anak-anak tentu tidak stabil seperti orang dewasa. Kapan saja, semangat berpuasa mereka bisa berubah-ubah. Tak jarang mereka jadi sulit dibangunkan untuk sahur, suka menunggu, dan menghitung-hitung waktu berbuka, serta tidak mau melakukan kegiatan ibadah.

Hal itu tentunya akan lebih membosankan lagi bagi anak-anak di tengah masa lockdown seperti saat ini. Mereka tak lagi bisa bermain setelah subuh bersama anak lain seperti biasanya. Ngabuburit yang biasa dilakukan orang tua bersama anak-anak juga mungkin tak bisa dilakukan.

Nah, untuk menyiasati agar momen Ramadan tetap seru walau berada di rumah saja, lakukanlah kegiatan ini bersama anak di rumah.

1. Membuat Kue Bersama

Untuk mengisi waktu luang anak, Anda biaa mengajaknya untuk membuat kue atau makanan untuk berbuka puasa bersama. Minta anak untuk membantu mengaduk adonan atau membentuk adonan sesuai kreativitasnya.

Kegiatan ini tak hanya bisa Anda lakukan dengan anak perempuan saja, anak laki-laki juga akan senang terlibat di dapur bersama ibunya. Mereka akan merasa dipercaya atas tanggung jawab yang diberikan. Jangan lupa beri pujian setelah selesai membuat makanan. Anak pasti senang kue buatannya disukai seluruh anggota keluarga.

2. Menonton Film Seru dan Bermanfaat

Tak selamanya menonton itu memberikan dampak buruk kepada anak-anak. Sebab, ada banyak tontonan yang menarik sekaligus memberikan edukasi kepada mereka. Nah, ajaklah anak menonton film yang seru dan memiliki nilai manfaat.

Salah satu tontonan yang menarik dan memberikan pelajaran yaitu film kartun tentang nabi atau para sahabat. Anda bisa mengajak mereka nonton film-film islami atau lainnya sembari menunggu waktu berbuka.

3. Bermain Bersama

Agar anak tidak bosan di rumah saja menunggu waktu berbuka puasa, ajaklah mereka melakukan sebuah permainan yang menarik. Buatlah permainan yang dimainkan secara berkelompok, misalnya menyusun puzzle, menebak kuis bertema Ramadan ataupun permainan lain.

Selain menambah tingkat kebersamaan keluarga, permainan kelompok ini juga mengasah pola pikir dan kreativitas anak. Selain itu, juga mengajarkan kepada mereka untuk sportif atau berlapang dada saat menerima kekalahan.

4. Salat Berjamaah

Jika di daerah Anda masih dilarang salat berjamaah di masjid, maka ajaklah anak-anak dan seluruh anggota keluarga lainnya untuk melakukan salat berjamaah di rumah. Dengan begitu, dapat meningkatkan semangat anak untuk menjalankan kewajibannya kepada Sang Pencipta saat menjalankan puasa selama masa lockdown.

5. Mengaji Bersama

Saat berpuasa, terlebih dalam masa lockdown seperti ini, anak-anak pasti merasa bosan dan bisa saja menurun semangat ibadahnya. Oleh karena itu, ajaklah mereka untuk mengaji bersama-sama. Jika seluruh anggota keluarga sedang mengaji, anak-anak pasti akan lebih bersemangat melakukannya.

Itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan bersama anak di rumah agar mereka tidak bosan menjalankan ibadah puasa selama masa lockdown. Dengan begitu, momen Ramadan juga akan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Sudah siap menyambut Ramadan, Miks?

 

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like