6 Rahasia agar Tempe Tetap Awet

Source: indonesia.go.id

Hai, Miks!

Pasti Anda tidak asing dengan yang namanya tempe, dong? Ya, tempe merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Makanan satu ini sangat mudah di temui di mana saja. Selain bergizi tinggi, tempe juga bisa diolah menjadi aneka olahan makanan ataupun cemilan. Sudah mudah, murah, hemat, lezat pula. Siapa coba yang tidak suka?

Apalagi untuk masa-masa lockdown seperti sekarang ini mungkin tempe bisa menjadi salah satu menu yang bisa dijadikan stock untuk menu masakan atau camilan para kesayangan di rumah. Namun, terkadang yang menjadi kendala adalah tempe termasuk makanan yang sangat mudah busuk dan tidak tahan lama karena berasal dari hasil permentasi sehingga hal ini menyulitkan untuk menjadikan tempe sebagai salah satu stock bahan makanan di rumah.

Nah, Miks, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan di rumah agar tempe bisa lebih tahan lama di penyimpanan:

1. Pilih Jenis Tempe

Untuk pemilihan jenis tempe berikut ini, tempe yang dibungkus dengan plastik memiliki masa ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan tempe yang dibungkus dengan daun, ini dikarenakan dari segi keamanan dan kebersihannya tempe dengan bungkus plastik dinilai lebih higienis, lebih praktis dan membuat tempe lebih awet.

2. Simpan dalam Wadah Tertutup

Jika tempe yang Anda beli sudah dibuka dari pembungkus plastik atau daun maka lebih bagus jika tempe segera dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang rapat dan tahan air agar tempe tidak mengeriput.  Sebab, jika tempe sempat mengeriput maka akan mengurangi rasa dari tempe itu sendiri dan hal ini mempercepat proses pembusukan pada tempe.

3. Simpan dalam Keadaan Utuh

Tempe lebih baik disimpan dalam keadaan utuh dan belum terpotong-potong. Sebab, jika tempe sudah dipotong, maka tempe itu akan menyatu kembali karena fermentasi dari jamur yang ada di tempe sehingga permukaan dari tempe yang telah dipotong tersebut menjadi kering dan rasa menjadi kurang enak.

4. Simpan dalam Freezer

Supaya tempe bisa lebih tahan lama Anda juga bisa menyimpannya dalam freezer. Simpan tempe dalam freezer dengan temperatur biasa yang tidak terlalu dingin. Tempe yang disimpan dalam freezer harus masih dalam kondisi terbungkus plastik.

Supaya air dari freezer tidak masuk ke dalam tempe dan tempe tidak tercemar dengan aroma makanan lain yang ada dalam freezer. Ketika tempe yang disimpan dalam freezer akan dimasak keluarkan terlebih dahulu dari freezer kemudian diamkan dalam suhu ruang hingga tempe tidak lagi dingin.

5. Menyimpan Tempe Menggunakan Garam

Untuk menyimpan tempe pada suhu ruang atau tanpa disimpan di kulkas, Anda bisa menggunakan garam halus. Masukkan tempe ke dalam wadah tertutup dan taburkan garam pada sekeliling tempe kemudian tutup rapat wadah dan pastikan tidak ada air yang masuk ke dalamnya. Garam yang di taburkan di sekeliling tempe berfungsi untuk menghambat kerja ragi pada tempe sehingga memperlambat proses pembusukan.

Oke, Miks itulah beberapa rahasia agar tempe bisa jadi tahan lebih lama dalam penyimpanan. Jadi, Anda bisa menjadikan bahan pangan yang satu ini ke dalam daftar stock makanan atau camilan selama menjalani masa lockdown seperti saat sekarang ini. Bagaimana Miks berminat untuk mencoba?

2 Shares:
3 comments
  1. Sayangnya tempe baru-baru ini mudah busuk mbak, jenis kedelainya buruk mungkin, terasa agak masam juga, pagi beli sore sudah menguning. Padahal, pagi putih bersih. Baru. untuk tahu juga gitu.

  2. Kalau pas dibeli terus disimpan di freezer enggak mengurangi rasanya pas dimasak ya, Mbak? Ilmu baru. 🥰🥰🥰

    1. Simpan didalam plastik lagi mbak biar air ga masuk, insyaallah rasa ga berubah kalo yg pernah sy coba begitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like