Rekomendasi Tema Buku Bacaan untuk Anak Selama Ramadan di Saat PSBB

Source: graduationsource.com

Hai, Miks!

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah ternyata diperpanjang lagi. Jadi , akan makin lama anak-anak harus tetap berada di rumah, bahkan di bulan Ramadan, anak-anak tetap harus berada di rumah. Demi kesehatan dan keamanan anak-anak itu sendiri.

Sangat disayangkan sebenarnya, apa lagi saat bulan Ramadan. Kalau sebelum-sebelumnya, bulan Ramadan waktunya lebih banyak digunakan untuk meningkatkan keimanan dan pengetahuan anak-anak tentang agama dengan mengikuti kegiatan pesantren kilat, sekolah agama, mengaji, dan salat Tarawih. Kali ini, mungkin tidak bisa dilakukan.

Akan tetapi, pendidikan tentang agama dan proses peningkatan keimanan anak-anak harus tetap terus berlangsung. Perbedaannya, kini peran keluarga pastinya sangat besar dibandingkan sebelumnya. Salah satu hal yang bisa orang tua lakukan adalah mencarikan sumber untuk anak-anak belajar.

Banyak hal yang bisa dijadikan sumber, salah satunya adalah buku. Orang tua bisa memilihkan buku-buku yang berhubungan dengan pengetahuan keislaman dan tentunya dengan bahasa yang pas untuk anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan buku bacaan anak-anak, berikut beberapa rekomendasi tema buku keislaman yang pas dibaca oleh anak-anak.

1. Asmaul Husna

Buku berjudul Asmaul Husna, merupakan buku yang berisi penjelasan 99 nama Allah. Meskipun pembahasannya terlihat berat. Namun, pilihlah yang cara menyajikannya dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Ditambah lagi, pilhlah buku yang di dalamnya terdapat kisah-kisah dan contoh pengamalan yang bisa anak-anak ambil hikmahnya.

Bukan hanya itu, ilustrasi yang menggambarkan khas anak-anak dan full colour, sehingga anak-anak bisa sangat betah berlama-lama membaca buku.

Dengan buku bertemakan Asmaul Husna, anak-anak bisa lebih dekat dan mengenal Allah sebagai Tuhannya.

2. Kisah dan Keteladanan Rasulullah

Kisa dan keteladanan Rasul merupakan salah satu tema buku recomended yang bisa anak-anak baca. Buku yang mengisahkan tentang peristiwa kehidupan Nabi Muhammad Saw beserta perjuangan dan pengorbanannya dalam menegakkan Islam sebagai Rahmatan lil Alamin di muka bumi.

Dengan menceritakan kisah dan perjuangan Nabi beserta para sahabatnya, membuat anak-anak semakin mencintai Rasul-Nya dan semakin meneladani apa yang dilakukan Rasulullah.

3. Kepribadian Anak Saleh

Buku bertemakan kepribadian anak saleh ini terdiri dari beberapa judul yang berisi berbagai macam kepribadian yang ingin ditanamkan kepada anak-anak. Bukan hanya tentang keutamaan dan pelaksanaan ibadah. Akan tetapi, termasuk juga bagaimana adab dalam kehidupan sehari-hari.

tentunya, pilihlah buku dengan kisah di dalamnya sangat sarat makna dan dekat dengan kehidupan keseharian anak-anak.

Demikian tiga tema buku recommended untuk anak-anak untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak-anak. Semoga bermanfaat, Miks.

0 Shares:
10 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like