Puasa di Tengah Pandemi Corona, Lakukan 4 Tips Ini agar Tetap Sehat

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Kini, umat muslim telah mulai menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Namun, ada yang berbeda Ramadan kali ini dengan sebelumnya. Kali ini, umat muslim menjalankan ibadah puasa di tengah wabah virus corona yang belum tahu kapan akan berakhir.

Pelaksanaan salat Tarawih pun tak seperti biasanya. Umat muslim diimbau untuk melakukannya di rumah saja demi menghindari penyebaran virus corona dan memutus mata rantainya. Physical distancing juga terus digalakkan dengan ketat oleh pemerintah.

Adanya pandemi corona ini tak membuat semangat ibadah berpuasa umat muslim luntur. Masyarakat tetap melaksanakannya meski tetap harus waspada terhadap penyebaran virus tersebut. Namun, alangkah baiknya umat muslim mengetahui beberapa anjuran saat berpuasa di tengah wabah corona agar tetap sehat dan meminimalisir resiko penularan.

Berdasarkan surat edaran WHO kepada umat muslim di seluruh dunia, ada 4 tips yang perlu Anda lakukan agar tubuh tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa di tengan wabah virus corona.

1. Penuhi Kebutuhan Gizi dan Hidrasi saat Berbuka Puasa

Saat berpuasa, Anda harus memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dari biasanya. Tak hanya dapat mempertahankan stamina saat bekerja selama berpuasa, memenuhi asupan gizi juga dapat menghindarkan diri dari resiko penularan virus corona.

Oleh sebab itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan gizi dan hidrasi ketika berbuka puasa. Pemenuhan gizi dan hidrasi tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan segar. Hindari makanan kemasan selama berpuasa dan perbanyaklah minum air putih.

2. Tetap Jalankan Aktivitas Fisik

Meski berpuasa, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik. Hal itu penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda, meskipun frekuensi dan jenis kegiatannya lebih dibatasi.

Berhubung saat ini tengah diterapkan sosial distancing dan physical distancing, Anda bisa melakukan kegiatan atau olahraga di dalam rumah. Anda bisa menonton gerakan olahraga dari YouTube maupun kelas-kelas online.

3. Hindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Dalam situasi apa pun, penggunaan tembakau tidak dianjurkan, termasuk di saat pandemi corona dan berpuasa Ramadan. Rokok dapat membuat kapasitas paru-paru seseorang berkurang. Hal itu akan menyebabkan resiko terjangkit virus corona semakin besar serta tidak dapat menjalankan puasa dengan baik.

4. Perhatikan Batasan Fisik dan Kebersihan Diri saat Beramal

Bulan suci Ramadan menjadi momen tersendiri bagi umat muslim. Segala kebaikan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda. Hal itu pun dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan kegiatan amal, seperti bersedekah.

Ketika Anda melakukan kegiatan amal, pastikan untuk tetap menjaga jarak dan kebersihan diri. Hindari kerumunan dan jangan menciptakannya. Jika harus mengantre, lakukan dengan jarak yang telah ditentukan. Selalu gunakan pelindung diri, seperti masker. Hindari menyentuh bagian wajah dan selalu cuci tangan dengan sabun.

Itulah beberapa tips dari WHO yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat meski harus berpuasa di tengah pandemi corona. Selamat berpuasa, Miks!

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like