Datang Bulan di Tengah Ramadan, Lakukan Aktivitas Ini agar Pahala Tetap Mengalir

Source: wellandgood.com

Hai, Miks!

Ramadan datang mengunjungi umat muslim dengan semua kebaikan dan keberkahannya. Di mana di bulan ini turun Al-Quran dan pahala dilipat gandakan, setan-setan dibelenggu, bahkan nilai ibadah pun diganjar dengan pahala tak terkira.

Namun, sebagai seorang wanita adakalanya tidak bisa menjalankan ibadah wajib dengan alasan menstruasi atau datang bulan. Akan tetapi, jangan pernah bersedih, Islam adalah agama yang memudahkan umatnya untuk mendapat pahala. Termasuk untuk wanita yang sedang menstruasi.

Berikut hal yang tetap bisa dilakukan dan bernilai pahala:

1. Mendengarkan Murotal

Sebenarnya, sebagian ada yang berpendapat bahwa tidak apa-apa tetap membaca Al-quran walau sedang dalam kondisi menstruasi. Akan tetapi, ada beberapa yang berpendapat tidak memperbolehkan hal tersebut. Untuk menghindari keragu-raguan ada baiknya kita mengambil jalan yang lebih aman dengan mendengarkan murotal. Dengan mendengarkan murotal terus menerus, pendengaran dan hati kita telah terisi kalam Illahi.

4. Berzikir dan Bersalawat

Berdikir merupakan tanda bahwa kita selalu ingat kepada Allah. Dengan berzikir, maka hati menjadi lebih tenang. Sementara dengan bersalawat adalah tanda kecintaan kita pada Rasulullah.

Dua hal tersebut (berzikir dan bersalawat) adalah hal yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa sambil makan, sambil baca buku, sambil masak, dan sebagainya.

3. Menyiapkan dan Menyajikan Makanan Berbuka

Keutamaan menyiapkan berbuka untuk orang yang sedang berpuasa adalah mendapatkan pahala sama dengan orang yang berpuasa. Oleh karena itu, jangan lelah untuk tetap mempersiapkan makanan berbuka untuk yang sedang berpuasa, walaupun sedang dalam kondisi datang bulan.

4. Bersedekah

Jika di hari-hari biasa kita bersedekah dan diganjar dengan 10 kali lipat kebaikan, di hari-hari dalam bulan Ramadan Allah mengganjar sedekah kita dengan berkali kali lipat. Untuk itu, bersedekahlah walau hanya sedikit. Satu hal yang penting adalah terus menerus dan istiqomah melakukannya.

5. Menghormati yang Sedang Berpuasa

Walaupun kita terbebas dari kewajiban berpuasa di bulan Ramadan, bukan berarti seenaknya bisa makan dan minum di depan orang yang berpuasa. Menghormati orang yang berpuasa dengan tidak menggodanya baik sengaja ataupun tidak, merupakan hal yang bernilai pahala juga.

Nah, itulah 5 hal yang bisa Anda lakukan ketika datang bulan di tengah Ramadan. Dengan hal kecil tersebut, Anda tetap bisa meraih keutamaan-keutamaan bulan Ramadan.

Akan tetapi, jangan sampai lupa untuk tetap mengganti puasa wajib yang telah ditinggalkan saat bulan Ramadan di waktu lainnya. Sebab, itu tetap terhitung sebagai hutang puasa, kecuali pada kondisi-kondisi tertentu yang diperbolehkan.

Selamat mencoba kegiatan di atas, Miks.

0 Shares:
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like