Inilah 7 Manfaat Sahur di Bulan Ramadan

Source: health.detik.com

Hai, Miks!

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh maghfirah dan berkah. Salah satu rangkaian kegiatan  dalam bulan Ramadan adalah melaksanakan makan sahur. Sahur dalam bahasa Arab memiliki arti hidangan yang disantap saat waktu menjelang subuh. Jadi, sahur merupakan makan pada dini hari, yaitu sebelum  masuk fajar bagi orang yang akan melaksanakan puasa.

Banyak orang yang mengabaikan sahur karena merasa terganggu dalam siklus tidurnya. Namun, sahur itu merupakan syarat berpuasa, jika sengaja tidak melaksanakan sahur maka berarti  tidak akan berpuasa. Memang sahur tidak syarat wajib, tetapi adalah anjuran Rasulullah yang sebaiknya kita ikuti karena mengandung banyak manfaat.

Berikut ini ulasan 7 Manfaat makan sahur. Yuks,  Miks, kita simak.

1. Melaksanakan Sunah Rasulullah

Sahur merupakan sunah Rasulullah yang sebaiknya kita ikuti karena akan memberikan keberkahan. Jika kita bersahur berniat melaksanakan puasa dan mengikuti cara Rasulullah berpuasa maka kita mendapatkan limpahan pahala dari Allah Swt. Selain itu, tidur siang  pada bulan puasa juga diajurkan Rasulullah.

2. Terdapat Berkah yang Melimpah

Dalam HR Bukhari Muslim dijelaskan, “makanlah sahur, sesungguhnya  dalam  sahur terdapat berkah.” Dari pernyatan hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam makan sahur memberikan banyak kebaikan dan keberkahan salah satunya adalah kesempatan dalam bangun untuk berdoa pada waktu yang mustajab, melaksanakan niat puasa, memberikan suplai makanan pada tubuh kita supaya memberikan kekuatan dalam menjalankan puasa, dan banyak manfaat lainnya.

3. Syiar Islam yang Membedakan dengan Puasa Ahli Kitab

Seperti kita ketahui bahwa puasa juga dilaksanakan oleh umat-umat terdahulu, yaitu ahli kitab dan juga agama lainnya. Menurut HR Muslim, Al Nas’i, dan Ibnu Hibah “Pembeda antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” Maka Rasulullah memberikan pembeda puasa umat Islam dengan puasa ahli kitab adalah dengan makan sahur  dan menganjurkan  puasa sehari sebelum Ramadan dan sehari sesudah Ramadan.

4. Menguatkan Badan Saat Beribadah

Pada saat berpuasa, kondisi tubuh kita cenderung lemah, lapar, dan dahaga. Oleh karena itu, makan sahur sebagai penguat tubuh kita dalam melakasanakan puasa. Sebagai mana HR Ibnu Majah yang menyatakan, “Mintalah bantuan kalian kepada makan sahur untuk berpusa pada siang hari dan juga mintalah bantuan  dengan tidur siang (Qaylullah) untuk bangun pada malam hari.”

Dari uraian hadis di atas disimpulkan bahwa makan sahur akan membantu menguatkan tubuh  kita dalam melaksanakan puasa. Selain itu, tidur siang juga membantu kita memulihkan tubuh untuk bisa kuat bangun pada saat dini hari untuk melaksanakan sahur.

5. Didoakan oleh Para Malaikat

Dalam HR Musnad Ahmad disampaikan, “Sahur adalah makanan  berkah, jangan sampai ditinggalkan meskipun  hanya meminum seteguk air karena Allah dan para malaikat bersalawat bagi orang- orang yang sahur. “Berdasarkan hadis di atas dinyatakan bahwa orang yang melaksanakan sahur akan di doakan oleh Allah dan malaikat. Jadi, kita yang bersahur akan memperoleh keberkahan dari Allah dan malaikat.

6. Dapat Melaksanakan Salat Tahajud Setiap Malam

Bangun untuk melaksanakan sahur  biasanya pada pukul 03.00 pagi, jam ini merupakan sepertiga malam yang sangat baik sekali untuk melaksanakan salat Tahajud dan bermunajat kepada Allah Swt.  Jadi, sebelum melaksanakan makan sahur ada baiknya kita melaksanakan  salat Tahajud,  baru setelah itu diiringi dengan makan sahur. Selama satu bulan kita berpuasa maka selama satu bulan penuh kita bisa melaksanakan salat Tahajud. Alhamdulillah begitu berkahnya waktu sahur.

7. Dapat Melaksanakan Salat Subuh Berjamaah

Setelah makan sahur, tidak baik untuk melanjutkan tidur karena membahayakan kesehatan. Selesai makan sahur sudah  mendekati waktu fajar, maka kita dapat bersegera melangkahkan kaki  menuju masjid untuk melakukan salat Subuh berjamaah. Waktu saat Subuh kita akan selalu tepat waktu dan berjamaah  setiap melaksanakan sahur.

Alhamdulillah, begitu banyak manfaat makan sahur menurut Islam, apakah kita masih mau melalaikan waktu makan sahur? Banyak waktu dan limpahan pahala yang tersedia  pada waktu makan sahur. Bergembiralah kita dalam melaksanakan makan sahur yang penuh berkah.

Jadi, mari kita manfaatkan waktu makan sahur  bersama keluarga dengan mengajak orang tua, suami/istri, anak-anak untuk  memperbanyak ibadah dan berdoa pada waktu yang mustajab, yaitu sepertiga malam dan salat Subuh berjamaah. Semoga semua rangkaian ibadah pada bulan Ramadan menapat limpahan pahala dari Allah Swt. Aamiin ya rabbal Alamin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like