Tips Meningkatkan Immunitas Tubuh Menghadapi COVID-19 di Bulan Ramadan

Foto: pexels.com

Halo, Miks!

Dalam masa Pendemi COVID-19 di puasa Ramadan, kita harus mempersiapkan stamina tubuh dengan cara mengonsumsi makanan bergizi,  istirahat yang cukup, minum vitamin,  olahraga teratur, dan mengelola stres dengan baik. Dengan semakin meluasnya wabah COVID-19, kita senantiasa waspada karena pembawa virus tidak terdeteksi, bisa melalui siapa saja yang kita jumpai.

Nah, agar kita selalu siap menghadapi kemungkinan tertular COVID-19 serta melakukan puasa Ramadan dengan lancar, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Suntik Immune Booster

Saat ini, suntik Immune Booster lagi booming, hal ini karena banyak yang melakukan suntik Immune Booster ini untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Banyak klinik dan rumah sakit yang menyediakan paket Immune Booster dengan harga kompetitif Rp192.000,00 sudah mendapatkan vitamin B1, B6, B12, dan C.

Berikut vitamin untuk daya tahan tubuh yang harus Anda penuhi:

1. Vitamin B1: Memiliki manfaat untuk memecah gula dan makanan menjadi energi.

2.Vitamin B6: Berperan dalam pemecahan karbohidrat dan lemak, perkembangan otak, serta sistem imun.

3. Vitamin B12: Manfaat untuk produksi sel darah, sintesis DNA, fungsi otak, dan sistem saraf. Vitamin ini juga berperan dalam metabolisme protein dan lemak

4. Vitamin C: Antioksidan kuat ini penting untuk produksi kolagen dan karnitin yang berkontribusi terhadap peningkatan dan pertahanan kekebalan tubuh yang dapat melawan berbagai mikroorganisme penyebab infeksi.

2. Mengonsumsi Vitamin

Selain makanan bergizi, mengonsumsi vitamin sangat membantu meningkatkan immunitas tubuh. Anda bisa menyediakan vitamin C dan E untuk konsumsi sehari-hari. Saat ini, stock vitamin C di apotik dan swalayan sudah kosong karena kesadaran masyarakat yang begitu besar terhadap kebutuhan vitamin C ini sehingga mereka memborong untuk persediaan.

3. Sedia Obat-obatan

Selalu menyediakan obat, ketika Anda merasa tidak enak badan segera minum obat agar segera sembuh dan immunitas tidak turun sehingga tidak mudah tertular virus. Obat-obatan ringan seperti obat penurun panas yang ada minimarket. Anda bisa menyembuhkan diri sendiri terlebih dahulu, jika sakit  berlanjut dan bertambah parah bisa langsung ke rumah sakit.

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, tubuh akan meregenerasi sel dan menangkal virus yang masuk ke tubuh. Inilah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh:

  •  Paprika merah

Memiliki vitamin C yang paling kaya di antara buah dan sayur lainnya.

  •  Brokoli

Brokoli juga kaya vitamin C dan mengandung vitamin E serta antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus.

  •  Buncis

Mengandung banyak protein, serta nutrisi penting yang terbuat dari asam amino yang membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan tubuh.

  • Strowberi

Mengandung banyak vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

  •  Bawang putih

Mengonsumsi bawang putih dua hingga tiga siung per hari dapat menangkal dan memulihkan pilek

  •  Jamur

Sumber vitamin D dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat melindungi beberapa kanker serta penyakit pernapasan.

  •  Bayam

Kaya akan vitamin C , vitamin A, dan penuh antioksidan.

  •  Yogurt

Sumber prebiotik bagus, merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  •  Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari tinggi vitamin E, berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menggunakan Masker Ketika  Keluar Rumah

Tetap mematuhi himbauan pemerintah ketika Anda keluar rumah, selalu menggunakan masker dan physical distancing supaya tidak terpapar COVID-19.

6. Membersihkan Rumah

Dengan adanya WFH dan belajar di rumah, semua kegiatan keluarga terpusat di rumah, luangkan waktu membersihkannya agar virus-virus yang menempel di peralatan rumah tanggal hilang.

Nah, demikian 6 tips meningkatkan daya tahan tubuh di bulan Ramadan yang bisa Anda coba, Miks. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like