Tips untuk Para Ayah agar Bisa Menjaga Mood Ibu Tetap Baik di Ramadan Berpandemi

Foto: pexels.com

Halo, Miks!

Tidak terasa hampir tiga bulan negeri kita dirundung wabah pandemi COVID-19, hampir semua sektor kehidupan dibuat lumpuh olehnya. Ekonomi, pendidikan, pemerintahan, kemasyarakatan, sampai pada hal ritual ibadah. Dari semua keadaan yang tidak baik ini, para ibulah yang paling dibuat pusing dan luar biasa repot.

Ibu harus pintar menyiasati pengelolaan keuangan rumah tangga, menjadi guru dadakan untuk anak-anaknya, membimbing ibadah harian, dan masih banyak lagi hal dadakan yang harus dilakukan ibu agar kehidupan rumah tangga tetap berjalan aman dan terkendali.

Apakah hanya ibu saja yang harus mengatur, menyusun strategi, dan berjibaku dengan berbagai rutinitas dadakan tersebut? Lalu, di mana peran para ayah? Apalagi kehadiran pandemi ini berbarengan denga datangnya bulan suci Ramadan.

Para Ayah pun bisa berperan aktif menjaga mood para ibu tetap baik agar situasi di tengah pandemi tetap terkendali dan ibadah Ramadan pun bisa dijalankan dengan baik. Simak, yuk,tips-tipsnya!

1. Komunikasi

Komunikasi sangat penting dalam menjaga hubungan baik dalam rumah tangga. Diskusikan dengan ibu apa yang bisa Anda lakukan untuk meringankan beban kerjanya yang belakangan meningkat.

2. Bertanya

Jangan sungkan bertanya, ya, Miks. Pepatah mengatakan, “Malu bertanya, sesat di jalan.” Tanyakan hal-hal yang belum Anda mengerti kerjakan agar tidak salah mengerjakan dan yang hasilnya akan semakin membuat ibu stres.

3. Beri Ruang untuk Ibu Beristirahat

Di masa pandemi ini, para ayah pun bekerja dari rumah, tetapi bukan berarti Anda menutup mata, ya, dengan aktivitas ibu yang bertambah banyak. Anda bisa memberikan ruang untuk ibu beristirahat dengan melakukan pekerjaan rumah ringan, seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, dan pekerjaan rumah ringan lainnya.

4. Melakukan Pekerjaan Bersama-sama

Melakukan pekerjaan bersama-sama akan membuat pekerjaan jadi terasa ringan. Anda dan ibu bahkan anak-anak pun bisa dilibatkan dalam kegiatan ini. Pekerjaan yang bisa dilakukan bersama-sama di antaranya adalah memasak makanan untuk sahur dan berbuka puasa, mencuci pakaian, menyiram tanaman, dan banyak lagi.

5. Taklim

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mood ibu tetap baik adalah dengan mengajaknya mengikuti kajian-kajian keagamaan. Tidak mesti keluar rumah, ya! Teknologi sekarang sudah sangat mendukung Anda bisa mengikuti suatu kegiatan tanpa harus keluar dari rumah.

Dengan duduk bersama, mengikuti kajian keagamaan, secara tidak langsung Anda sudah me-recharge rohani ibu. Jika rohaninya baik, mood yang akan keluar pun baik.

Demikian tips mudah dan sederhana yang bisa dicoba para Ayah untuk menjaga kestabilitasan rumah tangga.
Selamat mencoba!

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like