6 Kegiatan Menyenangkan Bersama Keluarga Saat Jalani Masa Lockdown

Foto: sahabatnestle.com

Hai, Miks!

Di tengah pandemik wabah corona saat sekarang ini, pemerintah melakukan lockdown di beberapa wilayah yang dianggap darurat wabah. Hal ini dilakukan dengan harapan memutus rantai persebaran virus corona.
Seperti yang kita tahu, lockdown sendiri memiliki makna pelarangan untuk masyarakat masuk ke wilayah tertentu karena kondisi darurat.

Selain melakukan lockdown, pemerintah juga meminta kepada masyarakat agar  stay at home ‘tetap berada di dalam rumah’. Tidak melakukan kegiatan di luar rumah kecuali kondisi darurat atau karena keperluan mendesak.
Dengan adanya imbauan stay at home dari pemerintah tersebut, maka banyak kegiatan yang sekarang dilakukan dari dalam rumah, mulai bekerja dari rumah, bahkan juga sekolah dari rumah.

Tentu dengan diharuskannya masyarakat untuk tetap di rumah, bekerja dari rumah , belajar dari rumah terkadang menimbulkan rasa bosan. Lantas, bagaimana caran Anda untuk menyiasati kebosanan tersebut?

Nah, berikut 6 kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kebosanan di tengah masa lockdown seperti saat sekarang ini.

1. Salat Berjamaah dan Melakukan Halaqoh

Semenjak wabah corona ini semakin mengganas, masyarakat juga diimbau untuk beribadah di rumah. Untuk para bapak yang memang diwajibkan melakukan salat berjamaah di masjid, tetap bisa melakukan salat berjamaah bersama keluarga di rumah.

Setelah melakukan salat berjamaah, bisa dilanjutkan dengan membuat halaqoh keluarga dengan membentuk lingkaran dan mengisinya dengan kajian islami, seperti membahas hadis, masalah fiqih keluarga, fiqih anak atau mengulang hafalan anak.

2. Melakukan Permainan atau Games

Bermain dapat menghilangkan kebosanan, apalagi jika permainan dilakukan bersama dengan keluarga. Banyak permainan yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Permainan seperti ular tangga, monopoli, ludo, tebak kata, sambung surah dari Al-Qur’an. Hal ini tentu sangat menyenangkan dan dapat menambah kedekatan antar anggota keluarga.

3. Membersihkan Rumah

Saat berkumpul bersama keluarga melakukan kegiatan apa pun secara bersama-sama pasti akan menghilangkan kebosanan. Kegiatan membersihkan rumah bisa menjadi salah satu daftar kegiatan menyenangkan semasa lockdown. Kegiatan bisa dimulai dengan berbagi tugas bersama anak-anak. Tentu hasilnya rumah akan semakin bersih dan rasa bisa bisa hilang.

4. Menanam Bunga dan Berkebun

Saat semua keluarga setiap harinya selalu disibukkan dengan kegiatan masing-masing, tentu untuk melakukan kegiatan yang satu ini sangatlah sulit. Dengan adanya anjuran stay at home ini bisa mewujudkan keinginan untuk berkebun dan menanam bunga bersama keluarga. Tentu sangat mengasyikkan orang tua bersama anak-anak bisa menanam aneka buah-buahan, sayuran ataupun aneka bunga.

5. Memasak Bersama

Jika biasanya yang bertugas memasak hanyalah ibu, saat stay at home seperti sekarang ini, memasak ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang dilakukan bersama keluarga. Dari mulai menentukan menu, menyiapkan bahan, meracik bumbu hingga memasak dikerjakan bersama-sama. Tentu akan sangat membantu menghilangkan kebosanan selama stay at home.

6. Membaca Buku

Mengajak anak-anak untuk membuka koleksi buku di rak buku merupakan salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan. Setelah masing-masing memilih satu buku dan selesai membacanya, bisa dilanjutkan dengan literasi, yakni meminta anggota keluarga secara bergantian menceritakan isi buku yang telah dibaca.

Nah, Miks, apa pun kegiatan yang dilakukan jika itu dilakukan bersama dengan keluarga tentu akan dapat membawa kebahagiaan dan menghilangkan kebosanan. Jadi, untuk para orang tua yang sedang melakukan WFH (work from home) selain tetap bisa melakukan pekerjaanya, tetap bisa mengawasi putra-putrinya yang sedang melaksanakan SFH (school from home) di rumah sehingga mereka juga tidak merasakan kebosanan karena harus tetap berada di dalam rumah. Selamat mencoba, Miks!

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like