Petik 3 Hikmah Ibadah Puasa Ramadan di Masa PSBB karena Pandemi COVID-19

Foto: kumparan.com

Halo, Miks!

Bulan Ramadan adalah bulan yang di nanti-nanti  semua umat Islam di seluruh penjuru bumi.  Ramadan, bulan penuh berkah, maghfirah, dan  rahmah sehingga  kita yang melaksanakan ibadah puasa akan merasakan semua keutamaan bulan tersebut.

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19 diberbagai wilayah di negeri tercinta insyaallah tak mengurangi keberkahan  bulan suci ini. Bila kita menyadari, akan selalu ada hikmah di balik segala musibah yang menimpa.

Berikut  3 hikmah ibadah puasa yang bisa kita petik di masa pandemi ini

1. Mengajarkan Kita untuk Lebih Bersabar

Di tengah pandemi virus corona tentu saja puasa tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai imbauan dan larangan terkait  penyebaran pandemi COVID -19 membuat beberapa momen-momen  yang ditunggu-tunggu setiap bulan puasa tidak lagi ada.

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung berbarengan dengan puasa ini musibah yang harus kita hadapi dengan kesabaran, sebagaimana disampaikan  Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 155-157; “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Inna lillahi wainna ilaihi raji’un.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Kita semua sedang diuji, di tengah keadaan seperti ini masihkah kita merasa ringan untuk berbagi, bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan? Masihkah kita bersemangat dan disiplin bekerja di tengah kebosanan, lapar, dan dahaga yang mendera?

2. Mengajarkan Kita Beribadah Puasa dengan Penuh Ikhlas

Banyak kegiatan yang biasa kita lakukan di bulan puasa tidak lagi bisa kita lakukan, seperti kegiatan tarawih dan mendengarkan kajian subuh di masjid. Hal ini membuat kita harus belajar ikhlas menjalani puasa dengan kondisi yang berbeda.

Belajar ikhlas dengan tetap laksanakan ibadah puasa dan rangkaian ibadah lainnya di rumah saja. Semua ini karena kehendak Allah Swt yang insyaallah tidak akan mengurangi nilai-nilai ibadah kita.

3. Mengajarkan Kita Sikap Tawakal

Tidak dimungkiri  bahwa Covid-19 menjadi kekhawatiran umat Islam pada bulan Ramadan tahun ini. Namun demikian, kita semua tawakal sepenuhnya dalam melaksanakan ibadah puasa.

Tawakal merupakan sikap berlindung, berpasrah diri, dan  berdoa kepada Allah Swt. agar segera mengangkat dan memusnahkan wabah Covid-19 ini dari kehidupan.Kita sama-sama kompak  mendukung upaya, pemerintah dengan melakukan upaya fisik pola hidup bersih, menjauhi keramaian, dan melaksanakan ibadah di rumah. Apabila  ada keperluan mendesak keluar rumah, kita pun menjaga jarak minimal 1 meter untuk mencegah penularan virus.

Nah, itulah Miks, tiga hikmah yang bisa dipetik dengan adanya musibah corona di bulan puasa ini. Semoga dengan adanya pandemi ini ibadah kita makin meningkat dan virus corona pun segera diangkat dari bumi.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like