5 Fakta Menarik Buah Kurma, Si Manis Legit yang Jadi Primadona di Bulan Ramadan

Foto: pexels.com

Halo, Miks!

Menjelang puasa, toko-toko mulai bersiap. Kebanyakan akan memajang aneka kue kering, camilan khas Idulfitri, sirup hingga kurma. Produk tersebut tentu saja laris manis diburu pembeli, tak terkecuali buah kurma.

Sebagian umat muslim menganggap kurma sebagai buah suci. Selain tercantum di beberapa hadis, buah yang memiliki citarasa manis ini pun disebutkan dalam Al-Qur’an, lo. Salah satunya QS. Maryam ayat 25—26. Kali ini, kita ulik, yuk, fakta menarik dari buah kurma. Buah asal Timur Tengah yang banyak diincar selama bulan puasa!

1. Disunahkan Konsumsi Kurma Kala Berbuka dan Sahur

Salah satu keistimewaan kurma adalah buah ini disunahkan oleh Rasulullah saw. untuk disantap saat berbuka dan sahur. Bukan sembarang makan, ya, Miks. Kurma yang dikonsumsi sebaiknya berjumlah ganjil.

Ternyata, anjuran nabi ini berkaitan erat dengan kesehatan, lo. Memakan kurma dalam jumlah genap mampu memicu peningkatan produksi gula serta potasium dalam darah, tetapi menghasilkan sedikit energi. Sementara jika dikonsumsi dalam jumlah ganjil, justru akan menjadi energi bagi tubuh kita.

2. Jenis Kurma Mencapai Ribuan

Kurma yang  jadi favorit masyarakat Indonesia mungkin masih bisa dihitung dengan jari. Namun, sebenarnya jenis kurma di seluruh dunia mencapai ribuan. Beberapa yang populer antara lain, kurma ajwa, medjool, ambera, mazafati, sukari, khalas, dan sebagainya. Negara yang banyak memproduksi kurma, yaitu Arab Saudi, Mesir, Oman, dan Iran. Bahkan, salah satu pasar kurma terbesar dunia terdapat di Arab Saudi, tepatnya berlokasi di Kota Buraydah, utara Riyadh.

3. Kaya Nutrisi

Bukan hanya legit, manis, dan menyegarkan, buah yang satu ini juga kaya nutrisi. Kandungan dalam kurma yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh di antaranya, kalsium, potasium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, thiamin, niacin, folat, ribovlafin, vitamin K, dan vitamin A. Konsumsi kurma pun mampu mengembalikan energi dengan cepat, mencegah anemia, kanker, alergi, menjaga kesehatan jantung, serta memperkuat tulang.

4. Tidak Mudah Busuk

Tergolong buah yang ketahanannya cukup lama, membuat kurma cocok dijadikan stok camilan sehat. Umumnya kurma bisa tetap awet hingga jangka waktu satu tahun jika disimpan di dalam kulkas. Bila tak ingin menyimpannya dalam lemari pendingin, pastikan gunakan wadah kedap udara, ya. Kurma lama dan tak layak konsumsi tidak mengeluarkan bau yang menyengat, tetapi jika dibelah akan tampak ada kutu.

5. Tradisi Unik yang Berkaitan dengan Kurma

Tahun lalu, kurma diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya. Sudah lebih dari 7000 tahun buah yang merupakan simbol kemenangan, kelimpahan, keyakinan, dan kekuatan ini menjadi makanan tradisional khas Timur Tengah serta Afrika Utara.

Masyarakat Oman pun memiliki tradisi unik yang berkaitan dengan kurma. Apabila ada yang melahirkan bayi lelaki, maka mereka akan menanam pohon kurma sebagai tanda bahwa keluarganya tak akan mengalami kelaparan.

Kurma yang berjuluk tree of life ini tak hanya bisa dimakan, tetapi juga diolah menjadi beragam produk kecantikan, misalnya sabun serta eye liner. Serat kurma bisa dimanfaatkan untuk membuat tali, sikat, serta perangkap ikan. Batangnya digunakan sebagai bahan pembuat aneka furniture, sementara daunnya dapat dipakai untuk membuat karpet dan keranjang. Wow, luar biasa, ya! Jadi, jangan lupa sedia kurma dan konsumsi secara rutin selama bulan puasa supaya kesehatan kita tetap terjaga.

 

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like