Dilarang ke Masjid karena Wabah Corona, Ini 4 Tips Tarawih di Rumah Bersama Keluarga

Source: muslim obsession.com

Hai, Miks!

Puasa di bulan Ramadan kali ini terasa sangat berbeda bagi umat muslim yang berada di wilayah terpapar virus COVID-19, Tak seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya, kini banyak aktivitas yang dibatasi dan harus dikerjakan di rumah.

Jika biasanya umat muslim merayakan bulan suci Ramadan dengan melakukan salat Tarawih berjamaah di masjid, buka puasa bersama, itikaf, salat wajib di masjid, dan juga ngabuburit, kini hampir di semua wilayah di Indonesia dilarang melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar meniadakan seluruh aktivitas di luar ruangan, termasuk aktivitas di dalam masjid. Hal ini dilaksanakan agar memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Meskipun seluruh aktivitas yang biasa dilakukan oleh kaum muslimin pada tahun ini harus dilakukan di dalam rumah, tetapi hal itu tidaklah serta merta menurunkan kualitas ibadah. Semua ibadah tersebut bisa dilakukan di dalam rumah, termasuk salat Tarawih.

Anda bisa mengajak keluarga melakukan salat Tarawih bersama-sama di rumah. Selain dapat meningkatkan kebersamaan, ibadah bersama keluarga juga insyaallah akan meningkatkan keimanan dalam keluarga.

Agar kualitas dan konsistensi ibadah salat Tarawih tetap terjaga hingga akhir bulan Ramadan, lakukan beberapa tips berikut ini bersama keluarga di rumah.

Sepakati Waktu

Rasulullah menganjurkan kepada umat muslim, apabila memasuki waktu berbuka puasa, hendaklah mereka memakan kurma atau air putih dan melanjutkan salat Magrib. Setelah salat Magrib selesai, Anda bisa mengisi perut untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Namun, jangan terlalu banyak makan, sebab akan membuat tubuh kekenyangan dan malas untuk melanjutkan ibadah.

Sepakati waktu bersama keluarga untuk makan dan salat Tarawih. Sebaiknya, jadwalkan salat Isya di awal waktu dan segera dilanjutkan dengan tarawih.

Sediakan Tempat Tarawih Khusus di Dalam Rumah

Hal ini amatlah mudah jika mempunyai rumah yang besar. Namun, jika rumah Anda sempit dan tak memiliki ruang kosong, Anda bisa menyiasatinya dengan menjadikan ruang tamu atau ruang lainnya sebagai tempat salat berjamaah.

Mintalah anggota keluarga untuk membantu menggeser beberapa barang atau memindahkannya ke tempat lain agar ruangan tersebut lebih lapang.

Membuat Jadwal Tetap Imam Tarawih

Jika di antara anggota keluarga ada beberapa orang laki-laki dan mampu menjadi imam, buatlah jadwal tetap secara bergantian setiap malamnya. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih anak laki-laki menjadi imam di tempat lain.

Membuat Jadwal Piket untuk Mempersiapkan dan Membersihkan Tempat Salat

Buatlah kesepakatan pada seluruh anggota keluarga untuk melakukan tugas mempersiapkan dan membersihkan tempat salat setiap hari. Tempat salat yang bersih akan membuat ibadah jadi lebih nyaman.

Membuat kesepakatan jadwal piket juga dapat melatih anak-anak lebih disiplin dan rajin, serta lebih bertanggung jawab.

Nah, Miks! Itulah beberapa tips menjalankan ibadah tarawih di rumah bersama keluarga selama masa pandemi Corona. Jadikan musibah wabah ini sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan lebih menjalin kebersamaan dengan keluarga.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like