Inilah 5 Cara Menjadikan Ramadan Sebagai Pembawa Perubahan Bagi Diri Sendiri

Source: babe.news

Hai, Miks!

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita sebagai umat muslim harus berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Mengingat bahwa Ramadan hanya datang sekali dalam seumur hidup, maka kita harus pintar-pintar memanfaatkan kedatangan bulan Ramadan ini. Tidak hanya melakukan puasa wajib, kita juga harus melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Makin mempertebal keimanan dan memperbanyak ibadah, tentunya kita harus berusaha agar bulan penuh berkah ini membawa perubahan yang baik untuk diri kita sendiri. Jika semula tidak suka membaca Al-Qur’an, dengan datangnya bulan Ramadan semoga semakin sering membaca Al-Quran. Jika semula tidak suka salat sunah, dengan datangnya bulan Ramadan semoga semakin rajin untuk salat sunah.

Maka dari itu, yuk, jadikan bulan Ramadan sebagai pembawa perubahan untuk diri sendiri. Jangan sampai menyesal setelah di kemudian Ramadan pergi. Inilah 5 cara menjadikan bulan Ramadan sebagai pembawa perubahan.

1. Tanamkan sikap lapang dada

Berpuasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum saja. Akan tetapi, berpuasa juga menahan diri dari segala emosi dan hal-hal buruk lainnya. Menanamkan sikap lapang dada saat berpuasa memang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mencobanya. Salah satu cara menjadikan bulan Ramadan sebagai pembawa perubahan adalah dengan cara menanamkan sikap lapang dada.

2. Jaga lisan dari berkata keburukan

Seperti yang kita ketahui bahwa membatalkan puasa tidak hanya karena makan dan minum, akan tetapi karena menyakiti orang lain juga mampu membatalkan puasa, bahkan menghilangkan pahala berpuasa. Jadi, cobalah untuk menjaga lebih berhati-hati dalam berucap dan jaga lisanmu dari setiap keburukan.

3. Mengontrol Emosi yang Berlebihan

Kendalikan dirimu dan kontrol emosimu, itu adalah salah satu cara agar Anda terhindar dari segala sesuatu yang membatalkan puasa. Jika bulan Ramadan ini membawa perubahan untuk Anda, tentunya Anda dapat mengontrol emosi dan mengendalikan segala nafsu yang ada di dalam diri.

4. Cobalah untuk Makin Gemar Berbuat Kebaikan

Jika Anda tidak sengaja menemukan tetanggamu atau orang yang tidak Anda kenali tidak mempunya makanan untuk berbuka puasa ataupun sahur, cobalah untuk berbagi makanan. Selain memperbanyak ibadah berupa salat wajib dan sunah, Anda juga jangan lupa untuk membagi rezeki yang Anda miliki kepada orang lain.

5. Perbanyak Ibadah Wajib dan Sunah

Jika sebelum datangnya bulan Ramadan, Anda tidak suka melaksanakan salat sunah, saat bulan Ramadan ini usahakan dan rutinkanlah untuk salat sunah. Lakukan hal ini karena semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt. Percayalah, selepas bulan Ramadan pergi, Anda akan merasakan sendiri bahwa bulan Ramadan membawa perubahan baik untukmu.

Nah, itulah penjelasan dari 5 cara menjadikan bulan Ramadan sebagai pembawa perubahan untukmu. Semoga bermanfaat dan semoga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like