Inilah 5 Manfaat Air Nabeez, Minuman Sehat ala Rasulullah

Source: sehatq

Hai, Miks!

Pernahkah Anda mendengar tentang air nabeez? Air nabeez sangat populer saat ini terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang. Ia sejenis infuse water berisi buah kurma atau kismis yang dikonsumsi agar tetap sehat seperti yang dilakukan oleh Rasulullah.

Berikut cara membuat air nabeez.

Pertama, siapkan beberapa butir buah kurma, disunahkan dengan hitungan ganjil, buang bijinya. Kemudian, siapkan air matang, tidak harus air hangat, cukup air biasa saja. Langkah selanjutnya adalah rendam kurma yang telah dibuang bijinya dengan air matang tadi, lalu simpan dalam wadah tertutup (lebih bagus lagi jika wadah kaca) selama kurang lebih 8—12 jam di kulkas. Air nabeez siap untuk diminum.

Rendaman air nabeez ini bisa diminum di pagi hari saat sahur maupun sore hari saat berbuka. Namun, tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu hari, ya, Miks.

Manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi air nabeez  di antaranya:

1. Sebagai Penambah Daya Tahan Tubuh

Air nabeez ini memiliki beragam manfaat karena di dalamnya terkandung zat besi yang mampu menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh dan pembentukan sel darah merah sehingga daya tahan tubuh dapat tetap terjaga meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

2. Mendetoksifikasi Tubuh

Air nabeez yang bersifat alkali juga mampu mendetoksifikasi tubuh dari racun. Hal ini disebabkan kurma merupakan buah yang kaya akan gizi, seperti vitamin, protein, karbohidrat dan mineral. Merendam kurma dengan air membuat nutrisi yang ada pada kurma keluar dan menyatu dengan air rendaman.

3. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Buah kurma meskipun memiliki rasa yang manis, tetapi kandungan gula di dalamnya tidak memicu peningkatan gula darah dalam tubuh disebabkan kurma memiliki glikemik yang rendah. Hal tersebut menjadikan rendaman air kurma ini tetap aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit gula darah tinggi (diabetes).

4. Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Kurma memiliki antioksidan yang sangattinggi sehingga air nabeez yang dikonsumsi secara berkesinambungan akan dapat mencegah kanker dan menangkal radikal bebas.

5. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui

Air nabeez ini snagat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dipercaya mampu untuk menguatkan otot dinding rahim dan untuk ibu menyusui air nabeez ini sangat kaya akan manfaat yang mampu membuat produksi ASI semakin melimpah sehingga sangat baik jika dikonsumsi selama berpuasa.

Itu tadi info tentang air nabeez dari mulai cara membuatnya sekaligus manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga info ini bermanfaat ya, Miks! Selamat mencoba.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like