3 Resep Minuman Kekinian yang Segar untuk Berbuka Puasa

Source: glamour.com

Hai, Miks!

Sejak social distancing diberlakukan di seluruh dunia, banyak hal yang berubah dan mulai beralih ke jalur daring. Belajar dan mengajar lewat aplikasi, meningkatnya jual beli online, bahkan pekerjaan pun dilakukan tanpa ke luar rumah. Daripada terus panik di tengah pandemi yang berujung pada turunnya imunitas tubuh, lebih baik kita isi hari-hari di rumah dengan melakukan aktivitas positif. Salah satunya adalah menjajal beragam kreasi resep.

Dalam kondisi seperti saat ini, memasak menjadi salah satu agenda wajib.  Menu berbuka pun harus mampu meningkatkan nafsu makan. Nah, buka puasa rasanya kurang lengkap jika tidak ada minuman segar. Ingin menjajal sajian selain es buah atau kolak dingin? Yuk, coba beberapa resep minuman segar kekinian untuk berbuka!

1. Jus Kurma Susu

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadan. Kurma juga kaya serat dan vitamin sehingga cocok dikonsumsi kala berbuka maupun sahur. Buah dengan tekstur lembut ini pun bisa diolah menjadi bermacam sajian lezat misalnya kurma cokelat, puding roti kurma, sampai sirup kurma. Ingin mengolah kurma menjadi minuman segar? Cobalah jus kurma susu!

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu tujuh butir kurma, segelas susu UHT tanpa rasa, madu, dan pisang.

Cara membuatnya cukup mudah, Miks. Pertama, pisahkan daging buah kurma dengan bijinya, kemudian masukkan kurma ke dalam susu UHT. Pastikan kita memilih wadah atau gelas yang ada tutupnya, ya. Selanjutnya masukkan rendaman susu dan kurma ke dalam kulkas dan biarkan hingga kurang lebih lima jam. Terakhir, keluarkan susu kurma dari kulkas, campurkan pisang, serta madu secukupnya, lalu blender.

Resep lain untuk membuat jus kurma susu adalah dengan menyiapkan tujuh buah kurma, ditambah dua sendok makan gula pasir atau madu, satu setengah gelas susu UHT full cream, dan es batu secukupnya.

Pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan resep pertama. Kita hanya harus memotong kecil kurma, lalu masukkan setengah gelas susu, potongan kurma, madu atau gula. Kemudian, blender hingga halus. Tambahkan sisa susu UHT yang ada dan masukkan es batu. Diamkan beberapa menit, sajian susu kurma segar siap dinikmati.

2. Dalgona Stroberi

Beberapa waktu lalu ada minuman viral yang menghebohkan dunia maya bernama dalgona coffee. Apa Anda sempat membuatnya? Sayang, kandungan dalgona coffee kurang cocok bagi anak-anak. Nah, sekarang ada tandingan dalgona coffee, lo. Dijamin bisa memanjakan lidah si kecil, deh. Yes, dalgona stroberi! Minuman segar hasil modifikasi dalgona coffee yang yummy dan pasti disukai anak. Siap membuat dalgona stroberi untuk berbuka puasa?

Tak jauh beda dengan versi kopinya, dalgona stroberi yang dipraktikkan oleh influencer Florida bernama Valentina Mussi  melalui Instagram @sweetportfolio ini hanya memakai dua bahan, yaitu satu sendok makan bubuk stroberi dan empat sendok makan heavy cream. Selanjutnya  kedua bahan dikocok sampai tangan kebas. Namun, untuk menghemat waktu Anda dapat memakai mikser.

Siapkan susu hangat atau susu full cream dingin ¾ gelas, lalu tuang kocokan stroberi tadi menutupi permukaan susu. Anda tidak perlu menambah gula, sebab umumnya bubuk stroberi sudah manis. Jika tidak suka stroberi, Anda dapat mengganti dengan bubuk cokelat, nutella, atau milo.

3. Thai Tea

Minuman yang satu ini sempat jadi tren beberapa tahun silam, akan tetapi hingga kini masih banyak orang menyukainya. Jika dalgona coffee berasal dari Korea, lain halnya dengan Thai Tea. Sesuai namanya minuman segar ini asalnya dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Masyarakat lokal menyebut teh yang telah mendunia ini dengan cha yen. Lantas bagaimana cara membuat thai tea yang simpel?

Pertama, siapkan dua sendok makan teh hitam, 50 ml susu cair, tiga sendok makan susu kental manis, 200 ml air, dan satu sendok makan gula pasir.

Cara membuatnya mudah sekali. Seduh teh sampai kental. Kedua, campur susu cair, gula, dan susu kental manis, lalu aduk hingga merata. Ketiga, siapkan gelas saji dan masukkan seduhan teh, dilanjutkan dengan campuran susu di atasnya. Tambahkan es batu agar lebih nikmat.

Demikian beberapa resep minuman segar kekinian yang simpel dan praktis. Sajikan kala berbuka puasa dijamin bikin tubuh segar kembali. Selamat mencoba, Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like