10 Hikmah Luar Biasa dari Datangnya Bulan Ramadan

Source: womantalk.com

Hai, Miks!

Datangnya bulan Ramadan tentunya beriringan dengan datangnya seribu kebaikan. Sebagai umat muslim yang diwajibkan untuk berpuasa, tentunya kita harus menjalankannya dengan penuh suka cita. Seperti yang kita tahu bahwa Ramadan ini hanya datang sekali dalam setahun, maka dari itu kita dianjurkan untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Bulan penuh berkah dan ampunan, itulah sebutan untuk bulan Ramadan. Seluruh umat muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk senantiasa mendapat berkah dan rida-Nya. Segala harapan dan doa dipanjatkan, segala penyesalan dan dosa berharap untuk mendapat ampunan, dan segala hal lainnya yang berhubungan hablum minallah.

Namun, terkadang masih ada orang yang belum mengetahui hikmah dari datangnya bulan Ramadan ini. Maka dari itu, yuk, simak langsung penjelasan di bawah ini tentang 10 hikmah luar biasa dari datangnya bulan Ramadan.

1. Melatih Diri agar Senantiasa Terjauh dari Segala Dosa

Berpuasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi menahan diri dari segala hawa nafsu yang ada. Termasuk salah satunya menahan diri untuk tidak berbuat dosa. Kedatangan bulan Ramadan ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk melatih diri agar senantiasa terjauhkan dari segala bentuk dosa.

2. Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah Swt.

Tidak hanya berpuasa pada siang hari, akan tetapi seluruh umat muslim pun dianjurkan untuk salat Tarawih di malam hari. Tidak cukup sampai di sana, nikmat dan berkah sahur pun menjadi ladang pahala untuk umat muslim. Tentunya bulan Ramadan bisa kita jadikan sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Semoga selepas bulan Ramadan pergi, kita terbiasa untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

3. Melatih Kepekaan Diri untuk Senantiasa Berbuat Kebaikan

Berlomba-lomba di jalan kebaikan, itulah yang selalu disebut-sebut dan diperintahkan untuk seluruh umat muslim. Apalagi di bulan Ramadan ini, kita sebagai umat muslim harus mampu melatih kepekaan diri untuk senantiasa berbuat kebaikan. Misal, cobalah melatih kepekaan itu dengan berbagi makanan saat berbuka dan sahur, membantu orang yang membutuhkan dan kesusahan, dan segala bentuk kebaikan lainnya.

4. Melatih Lisan agar Tidak Seenaknya Melontarkan Ucapan

Senjata yang paling berbahaya dan mematikan adalah lisan. Meski tidak tajam, akan tetapi sakitnya melebihi teriris pisau. Salah satu penyebab hilangnya pahala puasa adalah membicarakan keburukan orang lain. Jangan sampai pahala kita sia-sia hanya karena lisan yang tak dijaga. Oleh sebab itu, jadikan bulan Ramadan ini untuk melatih lisan agar tidak seenaknya melontarkan ucapan.

5. Memahami Bagaimana Rasanya Menahan Lapar dan Haus

Jauh di luar sana, ada begitu banyak manusia yang mati kelaparan dan kehausan. Jangankan untuk sesuap nasi, setetes air saja sangat sulit untuk didapatkan, dan danya bulan Ramadan ini secara tidak langsung memukul rata seluruh umat muslim di dunia agar turut serta merasakan apa yang orang lain rasakan pula. Hal ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk melatih kepekaan diri agar berbuat baik kepada orang lain.

6. Baik Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Dalam ilmu kesehatan, tubuh membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh.

Dengan penyaringan alami saja tidak cukup, harus ada upaya lain untuk membuang racun secara bersih untuk membunuh bibit-bibit penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berpuasa. Selain itu juga, manfaatnya bisa untuk mengurangi gula darah, mengistirahatkan sistem pencernaan, meremajakan sel kulit, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Momen Pemberian Pahala yang Berlipat Ganda

Seperti yang kita ketahui bahwa berbuat baik di bulan Ramadan, maka seluruh pahalanya akan dilipatgandakan. Ya, itu memang benar. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”’ (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

8. Termasuk dalam Bulan Penuh Berkah dan Ampunan

Sebagai manusia yang penuh dengan dosa, kita bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini sebagai pengampunan dosa atas segala kemaksiatan yang kita lakukan. Selain itu juga, datangnya bulan Ramadan sebagai karunia Allah Swt. yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. Sungguh, nikmat Allah yang kamu dustakan? Mari, sebelum terlambat jadikanlah bulan Ramadan ini sebagai penghapusan dosa untuk kita semua.

9. Lingkungan Menjadi Lebih Kondusif dan Religius

Bulan Ramadan biasanya dipenuhi dengan kajian Al-Qur’an, salawatan, tabligh akbar, dan kegiatan religius lainnya. Untuk umat muslim pasti sangat terasa perbedaan antara bulan biasa dan bulan Ramadan.

 Di bulan Ramadan ini lingkungan akan menjadi lebih kondusif dan lingkungan pun akan menjadi religius. Semoga kita terbawa dalam suasana kebaikan sehingga membangkitkan kepekaan diri untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

10. Allah Meninggikan Derajat Para Hamba-Nya

Barang siapa yang berjuang di jalan kebaikan maka niscaya Allah akan membantunya dalam segala kesusahan. Percayalah, saat umat muslim berpuasa, saat itu juga Allah mengangkat dan meninggikan derajat para hamba-Nya.

Nah, itulah penjelasan dari 10 hikmah luar biasa dari datangnya bulan Ramadan. Semoga kita adalah orang-orang yang tidak pernah lelah untuk selalu berbuat kebaikan dan meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like