Hindari 6 Makanan Ini Saat Sahur. Nomor 6 Tak Terduga

Foto: tampang.com

Hai, Miks!

Bulan Ramadan adalah saat yang ditunggu-tunggu umat muslim. Menahan lapar sejak subuh hingga maghrib menjadi ringan bila dilakukan dengan ikhlas, hanya mengharap rida Allah semata.

Asupan makanan saat Ramadan sangat mendukung kekuatan kita menjalankan ibadah puasa. Perlu kiranya kita mempelajari makanan apa yang baik dan tidak baik dikonsumsi saat sahur agar puasa kita tidak berat karena tidak kuat menahan lapar, haus atau sakit.

Berikut ini adalah enam makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur agar energi tetap terjaga seharian.

1. Makanan Berminyak

Kita tentu tidak bisa seratus persen menghindari makanan berminyak atau gorengan. Sudah menjadi gaya hidup, saat sahur maupun buka puasa, makanan berminyak hadir menemani kita. Mulai sekarang, kita harus belajar mengurangi, ya, Miks. Makanan seperti itu menimbulkan penimbunan pada jaringan lemak sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan asam lambung.

2. Cupcake

Makanan ini sebenarnya menggugah selera. Tampilannya yang lucu dan varian rasanya yang beragam tentu disukai banyak kalangan. Sayangnya, rasanya yang terlalu manis karena kadar gulanya yang terlalu tinggi menjadikan kita mudah lelah selama berpuasa bila sahur dengan makanan ini.

3. Mi Instan

Makan mi instan memang selalu menarik. Campuran ayam atau seafood, ditambah sayuran dan cabai membuat makanan ini terasa begitu nikmat. Namun, jangan pernah menghadirkannya saat sahur karena kandungan MSG dan sodium yang tinggi, tetapi rendah nutrisi, membuat kita lebih mudah merasa haus di siang hari.

4. Kol atau Kubis

Sayuran ini biasa dimakan untuk teman makan sehari-hari. Akan tetapi, jangan diajak saat makan sahur karena bisa membuat perut kembung. Puasa dengan perut kembung tentu tidak nyaman.

5. Makanan Terlalu Pedas

Makan makanan pedas memang menggoda selera. Sebagian orang bahkan tidak bisa makan bila tidak pedas. Namun, kita harus menahan agar tidak makan makanan yang terlalu pedas karena bisa memicu asam lambung, sakit perut dan rasa tidak nyaman sepanjang hari.

6. Kentang Goreng

Makanan kesukaan anak-anak ini biasa dibuat dengan aneka rasa. Biasa pula ditambah saus tomat dan saus sambal. Anda mungkin bisa menghabiskan banyak kentang goreng saat sahur saking nikmatnya. Namun, mulai sekarang harus dikurangi, bahkan dihindari karena kentang yang digoreng bisa membuat cepat haus. Lemak transnya juga tidak baik bagi tubuh.

Itulah enam makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Bijaklah memilih makanan. Pilihan Anda menentukan kebugaran dan kenyamanan Anda menjalankan ibadah puasa.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like