Hikmah yang Bisa Diajarkan kepada Anak Selama Berpuasa

Foto: islampos.com

Halo, Miks!

Bagi seorang anak, melaksanakan ibadah puasa merupakan prestasi tersendiri. Apa lagi kalau dijanjikan dengan iming-iming hadiah jika berpuasa, jadi pasti makin semangat lagi menjalankannya.

Oleh karena rumah adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak-anak, jadi ada baiknya selama anak-anak melaksanakan ibadah puasa sambil diajarkan hikmah di dalamnya. Nilai-nilai yang bisa diambil dari ibadah wajib puasa Ramadan. Agar anak-anak bisa terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Berikut beberapa hikmah yang bisa diajarkan kepada anak-anak dari ibadah puasa:

1.Mengajarkan Kekuatan

Inti dari puasa Ramadan adalah tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Anak-anak yang bisa melaksanakan ibadah puasa ini adalah anak-anak yang hebat.

Dari sini kita bisa mengajarkan bahwa ibadah puasa melatih kita untuk kuat secara fisik dan hati. Maka dari itu, benar apa kata pepatah yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Untuk mengajarkan hal ini pada anak-anak, ajak anak-anak untuk tetap beraktivitas dan mengingatkan mereka bahwa puasa tidak menjadikan alasan untuk bermalas-malasan.

2. Mengajarkan Kesabaran

Puasa memang adalah ibadah untuk menahan lapar dan dahaga. Namun, lebih dari itu, puasa juga mengajarkan tentang menahan hawa nafsu dan emosi, misalkan marah berlebihan. Dalam rentang waktu dari terbenam fajar hingga terbit matahari, ajarkan anak-anak tentang arti bersabar dan kenikmatan yang Allah janjikan kepada orang-orang yang bersabar.

3. Mengajarkan Arti Bersyukur

Dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, anak-anak bisa terus diajarkan untuk selalu bersyukur akan nikmat yang ada. Misalkan, nikmat makanan yang selama ini didapatkan dengan mudah. Sebab, jika tidak terdapat makanan mereka juga mengetahui rasanya kelaparan. Rasa syukur bisa kita bantu untuk menumbuhkannya dengan membuka mata hati dan pikiran mereka tentang arti nikmat yang selama ini didapatkan.

4. Mengajarkan untuk Peduli

Dengan anak-anak merasakan rasa kelaparan dan kehausan, kita bisa sekaligus mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih peduli pada orang lain yang kesulitan. Nyatanya, masih banyak orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita untuk bisa menyambung hidup. Sentuh hati anak-anak kita agar menjadi lembut untuk peduli pada orang lain.

Demikian hal-hal yang bisa diajarkan pada anak-anak selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Jadikan bulan Ramadan sebagai bulan pendidikan untuk menumbuhkan generasi-generasi muslim yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba mengajarkan empat hal tadi pada anak-anak, Miks.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like