Memasuki 10 Hari Terakhir, Lakukan Hal Ini agar Ramadanmu Makin Berkah

Source: islam.nu.or.id

Hai, Miks!

Ramadan yang dirindu akan segera meninggalkan kita kembali. Bulan penuh keberkahan dan berlipatnya pahala, sebentar lagi pergi. Adakah yang tersisa dari satu bulan mengerjakan ibadah puasa Ramadan? Adakah yang terkenang dari sebulan melakukan aktivitas berpuasa Ramadan? Apakah tujuan menjadi orang yang bertakwa sudah tercapai? Entahlah, hanya Allah dan diri sendiri yang mengetahui.

Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan akan kita masuki. Dalam sepuluh hari terakhir ini, terdapat satu malam yang kebaikan dan keberkahannya melampaui 1000 bulan. Ya, malam Lailatul Qadr. Banyak orang menginginkan untuk bisa mendapatkan keberkahan di malam tersebut, hanya orang-orang yang terpilih yang bisa merasakan nikmatnya malam Lailatul Qadr. Namun, hanya Allah yang mengetahui kapan malam Lailatul Qadr itu terjadi.

Untuk itu, di sepuluh malam terakhir ini, patutnya kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah Swt. dengan melakukan berbagai kegiatan ibadah dalam rangka mendekatkan diri pada Allah Swt. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah keberkahan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan:

1. Hindari Hal yang Sia-Sia

Agar waktu yang terus berjalan mendapatkan nilai ibadah di sisi Allah, maka lakukan hal-hal yang sekiranya bermanfaat untuk diri dan orang lain. Apa pun kegiatannya, meskipun hanya sekadar menyapa tetangga, lakukan dengan mengharap rida Allah Swt.

Hindari hal yang sekiranya sia-sia, bahkan menimbulkan dosa. Misalkan dengan membicarakan keburukan orang lain atau biasa disebut ghibah atau pun hal lainnya.

2. Perbanyak Istighfar, Zikir, dan Salawat

Istighfar merupakan salah satu cara untuk menghapus dosa-dosa kecil yang pernah kita lakukan. Baik yang disengaja atau pun yang tidak disengaja. Dengan memperbanyak istighfar dan zikir, tentunya bisa semakin mendekatkan diri pada Allah Swt. selain itu, dengan bersalawat kita mengharapkan bisa dikumpulkan di surga bersama Rasulallah saw.

3. Perbanyak Salat Malam

Salat malam adalah salah satu ibadah salat sunah yang sangat dianjurkan, bahkan tertulis di dalam Al-Qur’an. Karena di sepertiga malam, merupakan waktu yang tepat dan mustajab untuk memanjatkan doa-doa.

4. Perbanyak Membaca Al-Quran

Al-Qur’an merupakan wahyu Allah yang turun sebagai pedoman umat muslim menjalankan kehidupan. Al-Qur’an juga merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pegangan dan pedoman kehidupan.

Rasulullah telah memberitahukan tentang kebaikan ketika membaca Al-Qur’an. Bahkan, dalam sebuah hadis dikatakan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. Terkait dengan pahalanya, setiap membaca satu huruf di dalam Al-Qur’an mendapat 10 kebaikan.

5. Perbanyak Sedekah

Sedekah merupakan salah satu cara untuk membersihkan harta yang kita gunakan. Ketika harta yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari sudah bersih, maka semakin kita bisa mendekatkan diri kepada Allah Swt. Bukan hanya itu, sedekah di bulan Ramadan bisa meningkatkan pahala kebaikan berkali-kali lipat.

6. Melakukan Itikaf

Salah satu yang Rasulullah contohkan di 10 malam terakhir bulan Ramadan adalah dengan melakukan itikaf. Di masjid atau pun musala, merupakan tempat suci untuk mendekatkan diri pada Allah Swt.

Semoga kita semua bisa melewati bulan Ramadan dengan penuh keberkahan dan kebaikan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like