6 Tips Merawat Mobil di Saat Pandemi Corona

Source: hondamobiltangerang.com

Hai, Miks!

Indonesia sudah mengeluarkan peraturan bahwa masyarakat dilarang mudik, mengimbau agar #DiRumahAja, serta membuat peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di saat seperti inilah merupakan momen di mana Anda bisa lebih perhatian kepada kendaraan kesayangan yang biasanya selalu menemani segala kegiatan Anda di luar rumah.

Kegiatan merawat mobil memang bisa terus Anda lakukan. Beberapa di antaranya yaitu servis berkala langsung ke bengkel resmi atau pun kemudahan yang didapat dari adanya servis mobil keliling ke rumah-rumah. Namun, alangkah baiknya jika Anda juga mampu melakukan perawatan untuk mobil Anda secara mandiri. Hal itu akan lebih mengasyikkan dan bisa dijadikan sebagai olahraga ringan.

Lalu, di masa pandemi corona seperti ini, hal apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk merawat mobil? Berikut tips merawat mobil agar tetap prima meskipun tidak digunakan.

1. Panaskan Mesin

Lakukan pemanasan terhadap mesin kendaraan minimal dua kali dalam seminggu. Hal itu dilakukan agar bisa menjaga daya yang tersimpan di dalam aki. Daya aki yang tersimpan bisa berkurang 3% setiap harinya apabila tidak digunakan dan pastikan knalpot tidak menghadap ke dalam rumah ketika memanaskan mesin karena asap bisa mengganggu pernapasan Anda.

2. Perhatikan Posisi Wiper

Jika Mobil diparkir di ruangan terbuka, angkat wiper. Jangan biarkan wiper menempel di kaca. Sebab, jika cuaca sedang panas atau temperatur terlalu tinggi, wiper yang menempel di kaca cenderung bisa cepat rusak. Jika mobil diparkir di dalam ruangan yang dingin, hal ini tidak perlu dilakukan.

3. Pilih Tempat Parkir yang Aman dan Nyaman

Tempatkan posisi parkir di posisi yang aman dan nyaman bagi mobil kesayangan Anda. Garasi merupakan tempat parkir yang terbaik. Namun, jika Anda tidak memiliki tempat garasi khusus, maka hindari menempatkan mobil di bawah matahari langsung. Hal tersebut dapat membuat cat mobil cepat pudar.

Anda bisa menempatkan mobil di bawah pohon atau di posisi mana saja yang teduh dan tidak jauh dari rumah Anda. Jangan pula tempatkan mobil di depan rumah tetangga atau jalan karena bisa menggangu kenyamanan umum.

4. Perawatan Ban

Lakukan pengecekan terhadap tekanan angin pada ban kendaraan Anda secara berkala. Isi angin pada ban kendaraan sekitar 5% dari batas normal. Angin di dalam ban yang diparkir akan terus berkurang.

Agar kerusakan deformasi pada ban bisa dicegah, usahakan memaju-mundurkan mobil setiap minggunya agar beban pada permukaan ban bisa merata.

5. Tarik Rem Tangan

Demi keamanan, tariklah rem tangan pada mobil Anda, meskipun mobil Anda berada pada posisi datar. Jika mobil Anda tergolong mobil matic, pastikan knob persneling mobil dalam posisi P parkir agar mobil tidak mudah bergeser.

6. Bersihkan Mobil

Kebersihan mobil amatlah harus dijaga, baik di bagian dalam maupun bagian luar. Cuci mobil minimal seminggu sekali. Jika mobil dipakai selama masa pandemi, semprotkan desinfektan supaya terbebas dari virus corona.

Demikianlah tips-tips merawat mobil di saat pandemi corona. Semoga artikel ini bermanfaat, Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like