Inilah 5 Fakta Unik dan Menarik Bulan Ramadan di Seluruh Dunia yang Jarang Diketahui

Hai, Miks!

Bulan Ramadan ini hanya terjadi sekali dalam setahun, maka tidak heran jika seluruh umat muslim di dunia ini begitu menanti-nantikan kedatangan bulan suci ini.

Di balik kebahagiaan menyambut bulan Ramadan, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa fakta unik di berbagai negara saat menyambut atau ketika berada di bulan Ramadan. Entah itu keunikan dari segi makanan, budaya, kebiasaan, dan hal lainnya yang terkadang tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Oleh karena itu, yuk, cari tahu 5 fakta unik dan menarik bulan ramadan di seluruh dunia. Disimak baik-baik, ya, penjelasannya agar menambah wawasan dan pengetahuan kita!

1. Perbedaan Dua Aliran Besar dalam Berbuka Puasa

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat dua aliran besar dalam Islam, yaitu aliran Sunni dan Syiah. Dua aliran besar dalam Islam ini berbeda dalam waktu berbuka puasa. Kalangan Islam Sunni berbuka puasa ketika matahari tenggelam meski langit masih terang, sedangkan Syiah berbuka puasa menunggu hari sudah benar-benar gelap. Dari keduanya tidak ada yang keliru, ya, Miks. Mereka pun pastinya berpegang teguh pada ajaran dan kepercayaannya masing-masing perihal berbuka puasa.

2. Tradisi unik di Uni Emirat Arab

Tradisi itu di namakan sebagai tradisi Haq Al Laila yang dirayakan pada tanggal 15 Sya’ban, yaitu bulan sebelum Ramadan di Uni Emirat Arab. Anak-anak akan menyanyikan lagu-lagu keagamaan kemudian mereka dihadiahi permen, cokelat, dan kacang oleh tuan rumah yang dikunjungi berkeliling. Wah, asyik banget, nih. Bisa dijadikan sebagai pemicu semangat untuk anak-anak agar lebih giat lagi puasanya.

3. Ramadan Menjadikan Inspirasi untuk Pemberian Nama Bayi yang Favorit di Kalangan Anak-Anak Islam

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap harinya di dunia ini pasti ada yang melahirkan. Jangankan setiap hari, setiap jam pun silih berganti perempuan-perempuan yang melahirkan dan siapa sangka bulan Ramadan ini menjadi bulan inspirasi untuk dijadikan sebagai nama seorang anak.

Misalnya, Nuha Ramadan yang artinya anak yang cerdas dalam berpikir dan lahir di bulan Ramadan. Azura Ramadhani yang artinya langit biru di bulan Ramadan, Ramadhan Karim Mubarak yang artinya Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Ramadan yang penuh kemuliaan dan keberkahan, dan masih banyak nama-nama bayi lainnya yang terinspirasi dari bulan Ramadan.

4. Tingkat Toleransi yang Tinggi di Beberapa Negara Saat Bulan Ramadan

Miks, tahukah kamu bahwa pada saat bulan Ramadan di beberapa negara muslim, pada siang bulan ramadan, restoran-restoran tetap buka. Akan tetapi, dengan ditutup pintu dan jendelanya dengan tirai dan kadang ditambah dengan tulisan bahwa warung ini buka hanya untuk keperluan makan nonmuslim. Wah, tingkat toleransi yang tinggi sekali, ya. Patut dicontoh dan diteladani!

5. Maldive dengan Makanan Khasnya

Miks, bulan Ramadan di Maladewa (Maldive) itu sangat menarik. Banyak makanan lokal yang disajikan seperti Kulhi Boakibaa atau kue ikan, foniboakiba atau kue tepung, dan Gulha atau bola ikan. Selain itu juga, untuk berbuka puasa diikuti dengan pembacaan Raivaru, yaitu syair atau puisi Ramadan oleh penyair yang tujuannya tidak lain hanya sebagai bentuk syukur dan kemenangan karena telah mencapai waktu berbuka.

Nah, itulah penjelasan dari 5 fakta unik pada saat bulan Ramadan yang terjadi di beberapa negara. Semoga semakin menambah pengetahuan dan wawasan semua orang.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.