Inilah 5 Keberkahan Sahur yang Luar Biasa di Bulan Ramadan

Source: health.detik.com

Hai, Miks!

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095)

Keberkahan yang dalam arti luasnya yaitu berkah Allah Swt. yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. Salah satunya makan sahur. Terkadang tanpa kita sadari ternyata ada begitu banyak berkah yang luar biasa dari waktu sahur dan saat kita menjalankan sahur. Sungguh, nikmat Allah mana lagi yang kamu dustakan?

Itulah mengapa makan sahur sangat dianjurkan, bahkan diwajibkan. Tidak hanya untuk kebaikan tubuh kita, akan tetapi untuk meraih rida-Nya juga. Maka dari itu, jangan pernah lewatkan waktu sahur karena selepas ramadan pergi, kita belum tentu bisa merasakan waktu sahur lagi.

Agar kita makin semangat dalam menjalankan ibadah sahur, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang 5 keberkahan sahur yang luar biasa di bulan Ramadan.

1. Waktu Sahur adalah Salah Satu Waktu yang Diberkahi Allah Swt.

Seperti diriwayatkan dari Anas radhiyallahu‘anhu, Rasulullah saw. bersabda, “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR Bukhari-Muslim) Sebab saat itu Allah turun ke langit dunia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda,“Tuhan kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758)

Wah, masyaallah. Selain itu juga, waktu sahur merupakan waktu utama untuk beristigfar. Sebagaimana orang yang beristigfar dipuji Allah dalam beberapa ayat dalam Al-Quran. Allah berfirman dalam surat Al-Imran ayat 17 yang artinya, (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur. Dan Allah berfirman pula dalam surat Adz-Dzariyat ayat 18: dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.”

2. Menguatkan Fisik dalam Menjalankan Puasa

Di antara berkah sahur yang paling kita rasakan adalah menguatkan fisik kita dalam menjalankan puasa. Pasti akan terasa oleh diri sendiri perbedaan antara makan sahur dan melewatkan makan sahur.

Saat melewatkan makan sahur tentunya fisik akan lebih mudah merasa lelah dan letih. Di sisi lain, ketika kita sahur, secara tidak langsung telah menunaikan kewajiban kita yang sangat fundamental, yaitu menyelisihi ciri khas ahlul kitab (Yahudi dan Nashrani). Mereka berpuasa tanpa sahur. Rasulullah bersabda, “Pembeda antara puasa kita dengan puasa ahlul kitab adalah makan sahur. ” (HR Muslim)

3. Para Malaikat Bersalawat Atas Orang-Orang yang Bersahur

Sebagaimana yang ada dalam hadis Abu Sa‘id al-Khudry Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.”

Hal ini tentunya telah membuktikan bahwa waktu sahur adalah salah satu waktu yang luar biasa. Di mana keberkahannya hanya akan didapat ketika waktu sahur. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan waktu sahur, ya, Miks.

4. Salah Satu Waktu Diijabahnya Doa

Nabi shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah tabaaraka wa ta’alaa turun ke langit dunia pada setiap malam tatkala tersisa sepertiga akhir malam”. Allah ta’ala berfirman: “Barang siapa berdoa kepadaku niscaya Aku kabulkan, siapa saja yang meminta kepada-Ku akan Aku beri dan siapa pun memohon ampunan kepada-Ku pasti Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758).

Dalam hal ini tentunya siapa pun yang mengetahui keberkahannya pasti akan sangat merugi jika melewatkan waktu sahur. Sebagai manusia yang memiliki harapan dan doa yang begitu banyak, tentunya berharap agar doanya secepatnya terkabul. Maka dari itu, bangunlah dan tunaikan sunnah bersahur. Semoga Allah swt. mengabulkan segala doa kita.

5. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

Sebagai umat muslim, kita pasti berlomba-lomba untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah Swt. Nah, dengan adanya waktu sahur ini kita bisa mencoba untuk melatih diri agar semakin bertakwa kepada Allah Swt. Baik itu dengan cara shalat malam, beristigfar, bersalawat, memperbanyak bacaan Al-Qur’an, dan melakukan sunah lainnya.

Nah, itulah penjelasan dari 5 keberkahan sahur yang begitu luar biasa di bulan R

Ramadan. Semoga kita adalah orang-orang yang selalu berada di jalan-Nya dan tidak pernah lelah dalam berbuat kebaikan.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like