Menekan Pengeluaran Bulan Ramadan dengan Membuat Bakso Tempe Home-made

Hai, Miks!

Selamat melaksanakan ibadah puasa bagi yang menjalankan, Miks. Bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Di mana pandemi COVID-19 mengharuskan kita tetap stay at home. Tentunya memengaruhi masalah perekonomian kita.

Apalagi bagi yang mencari makan dengan berjualan, tentunya jualannya sepi. COVID-19 ini memang sangat berdampak bagi semua orang. Tidak hanya bagi pedagang, tetapi para petani pun merasakan akibat dari COVID-19 ini. Sebab, mereka tidak bisa lagi berjualan hasil dari pertaniannya. Kalaupun bisa harga jualnya pun turun drastis.

Nah, untuk menekan biaya pengeluaran selama Ramadan, kita bisa memanfaatkan apa saja. Salah satunya membuat bakso dari tempe. Rasanya pun tak kalah enak dengan bakso ayam ataupun daging.

Inilah cara pembuatan bakso tempe.

Bahan:

1. Tempe secukupnya (saya menggunakan satu papan seharga 7000)
2. 2 butir telur ayam
3. 4 siung bawang putih
4. 1 sdt merica bubuk

5. Air es secukupnya

Cara:
Potong-potong tempe dan kukus selama 20 menit, setelah itu hancurkan tempe, lalu, campur dengan telur, kemudian haluskan, (saya pakai blender), saat menghaluskan bersamaan dengan bawang putih, garam, merica bubuk, dan beri air es secukupnya.

Kalau sudah halus, tambahkan tepung kanji atau tapioka secukupnya, kira-kira adonan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu padat, tepung terigu sedikit aja. Beri masako secukupnya, kalau suka.

Lalu, buat seperti membuat bakso itu, rebus di air mendidih sampai mengapung, kalau sudah mengapung berarti matang. Angkat.

Bagaimana, Miks? Mudah, bukan proses pembuatannya. Silakan dicoba. Semoga bermanfaat

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like