Menjelang Lebaran, Inilah 5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Selain makanan

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Lebaran tinggal menghitung hari lagi dan itu artinya sebentar lagi bulan Ramadan akan secepatnya berpulang. Selain menjalankan ibadah puasa, tentunya ada begitu banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari datangnya bulan Ramadan ini.

Biasanya, seluruh umat muslim di dunia akan berbondong-bondong menyiapkan menu makan untuk disajikan dan disantap bersama keluarga. Baik itu makanan berat atau makanan untuk sekadar dijadikan cemilan.

Namun, selain itu ternyata ada beberapa hal yang lebih penting yang harus dipersiapkan menjelang Lebaran. Apa saja hal itu? Yuk, simak langsung penjelasan di bawah ini tentang 5 hal penting yang harus dipersiapkan saat menjelang Lebaran selain makanan.

1. Hati yang Ikhlas untuk Saling Memaafkan

Lebaran identik dengan kebiasaan saling memaafkan satu sama lain. Sesama umat muslim dianjurkan untuk sebisa mungkin memaafkan kesalahan umat muslim lainnya. Maka dari itu, ini adalah hal yang sangat penting yang harus dipersiapkan menjelang Lebaran. Mengingat betapa beratnya memaafkan kesalahan orang lain, maka sebelum menjelang Lebaran, umat muslim dianjurkan untuk mempersiapkan hati yang ikhlas agar mampu saling memaafkan satu sama lain.

2. Usahakan untuk Menuntaskan Janji kepada Siapa Pun Itu

Ingat, janji adalah utang dan utang itu harus dibayar. Lebaran merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat muslim di dunia. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan meminimalisasi agar orang lain memaafkan kesalahan kita, maka usahakan sebisa mungkin untuk menepati atau menuntaskan janjimu kepada siapa pun itu saat menjelang Lebaran ini. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam menepati janji tersebut.

3. Jaga Lingkungan agar Tetap Kondusif dan Religius

Saat hari Lebaran, pasti hampir semua orang akan berkumpul dengan keluarga besarnya. Selain untuk mempererat tali silaturrahmi keluarga, juga untuk merayakan hari lebaran bersama. Maka dari itu, beberapa hari sebelum menjelang Lebaran, usahakan untuk menjaga lingkungan agar tetap kondusif dan tidak lupa dengan lingkungan yang religius agar keluarga besar merasa nyaman dan tetap merasakan kehangatan lingkungan bulan Ramadan.

4. Sisihkan Sebagian Rezeki untuk Membagikannya kepada Orang-Orang Terdekat

Selain identik dengan kebiasaan saling memaafkan, berbagi rezeki kepada orang-orang terdekat pun tidak akan luput saat hari Lebaran. Tujuannya tidak hanya sebagai bentuk sukacita karena merayakan hari Lebaran, akan tetapi sebagai bentuk belas kasih kepada orang-orang terdekat. Sebagaimana dalam Islam diajarkan untuk saling berbagi rezeki kepada satu sama lain.

5. Niatkan Diri untuk Tetap Melakukan Kebaikan Meski Bukan di Bulan Ramadan

Keberadaan bulan Ramadan tidak jarang membawa hati dan pikiran menjadi lebih positif dan tenang sehingga timbulnya niat untuk berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Entah itu kebaikan untuk diri sendiri atau pun kebaikan untuk orang lain. Menjelang Lebaran ini, niatkan diri sekuat mungkin untuk tetap melakukan kebaikan mekipun bukan di bulan Ramadan.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal penting yang harus dipersiapkan menjelang Lebaran. Semoga bermanfaat, ya, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like