4 Tips Tetap Semangat Menjalankan Ibadah Puasa di Penghujung Ramadan

Source: aceh.tribunnews.com

Hi, Miks!

Tak terasa bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan akan segera pergi. Sedih rasanya, mengingat banyak kebaikan dan keberkahan yang bisa diraih di bulan suci ini. Banyak ibadah yang bisa dilakukan untuk menambah amalan Anda selain ibadah wajib.

Seiring berjalannya waktu, Ramadan  akan segera pergi. Sudah saatnya Anda meninjau  kembali amalan apa yang sudah dilakukan di bulan suci ini.

Fenomena yang sering  Anda lihat,  biasanya orang semakin menurun semangatnya dalam menjalankan ibadah di penghujung  Ramadan. Bisa Anda lihat di jam-jam yang seharusnya untuk melaksanakan salat Tarawih, sebagian orang  malah terlihat sibuk mengunjungi pusat perbelanjaan untuk memburu barang discount yang biasanya dikemas dalam Ramadan sale.

Mengunjungi pusat perbelanjaan saat di penghujung Ramadan, sepertinya sudah menjadi semacam tradisi. Ancaman penyebaran virus korona sepertinya diabaikan oleh sejumlah orang. Pusat perbelanjaan tetap terlihat ramai, terutama saat di penghujung Ramadan.

Ada beberapa tips agar  Anda tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa di penghujung Ramadan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Luruskan Niat

Menata kembali niat  Anda melakukan  ibadah puasa dan  ibadah lainnya di bulan Ramadan adalah sebagai bentuk takwa Anda kepada Allah. Dengan meluruskan niat, Anda akan semakin bersemangat menjalankan ibadah di penghujung Ramadan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi dan tidak memerlukan banyak proses, sangat diperlukan saat Anda tengah menjalankan ibadah puasa. Kandungan vitamin tidak berkurang banyak dalam makanan yang pengolahannya tidak terlalu membutuhkan banyak proses.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, kondisi dan daya tahan tubuh harus tetap optimal agar imunitas tubuh meningkat.

Istirahat yang Cukup

Banyak aktivitas yang Anda lakukan teutama di hari-hari terakhir Ramadan. Usahakan istirahat yang cukup, jika pada malam hari  waktu istirahat dirasa kurang, Anda bisa menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di sela-sela menjalankan aktivitas pada siang hari.

Manajemen Waktu

Biasakan membuat To Do list agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia, tanpa melakukan hal-hal yang produktif.

Menjalankan ibadah puasa, bukan berarti menghalangi Anda untuk tetap produktif.

Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Namun jangan lupa untuk tetap semangat dan lebih fokus dalam beribadah di penghujung bulan Ramadan. Semoga kita termasuk orang yang kembali fitrah dan meraih kemenangan selepas Ramadan pergi.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like