5 Hikmah Luar Biasa dari Membayar Zakat Menjelang Idulfitri

Source: korankaltim.com

Hai, Miks!

Sebagaimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, sabda Rasulullah saw.,”“Rasulullah saw. mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis di atas sudah membuktikan bahwa hukum dari zakat fitrah adalah wajib bagi tiap individu muslim yang mampu. Seperti yang kita ketahui bahwa kewajiban zakat fitrah ini diberlakukan untuk tiap-tiap individu muslim dan muslimah, serta anak kecil maupun dewasa.

Adapun kadar zakat fitrah yang harus dikeluarkan yaitu sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 Kg beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari.

Tidak terlepas dari itu, menunaikan zakat fitrah itu sendiri memiliki hikmah yang luar biasa. Tidak hanya menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, akan tetapi ada beberapa hikmah atau pelajaran berharga lainnya yang tidak kalah penting. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Mendekatkan Diri kepada Allah Swt.

Sebagai rukun Islam yang ketiga, zakat sangat dianjurkan bahkan diwajibkan bagi umat muslim yang mampu menunaikannya. Saking dianjurkannya, zakat ditempatkan lebih atas atau lebih dulu daripada rukun Islam yang keempat, yaitu puasa. Hal ini tentunya sudah membuktikan bahwa dengan membayar zakat fitrah maka kita sedang berusaha berjuang di jalan kebaikan, yaitu mendekatkan diri kepada Sang pencipta, Allah Swt.

2. Berbagi Rezeki kepada Orang Lain

Ingat, dalam harta yang Allah titipkan kepada kita, ada sebagian milik orang lain di dalamnya. Dengan membayar zakat fitrah menjelang lebaran, itu artinya kita membagi sebagian rezeki kita kepada orang yang membutuhkan. Allah Swt. menjanjikan bahwa tidak akan ada harta yang berkurang jika dibelanjakan di jalan-Nya, salah satunya yaitu membayar zakat fitrah.

3. Berbagi Kebahagiaan Menjelang Hari Kemenangan

Di luar sana, ada begitu banyak manusia yang dengan begitu susah payah hanya untuk mendapatkan sesuap nasi dan segelas air putih. Dengan membayar zakat fitrah, kita tidak hanya berbagi rezeki. Akan tetapi kita juga berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Dengan membayar zakat fitrah juga kita telah mencukupi kebutuhan orang lain meskipun hanya untuk beberapa hari. Ketahuilah, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.

4. Menjalin Silaturrahmi yang Baik Sesama Manusia

Tidak hanya hablum minallah, akan tetapi kita juga harus menjalankan hablum minannas. Menjalin hubungan baik sesama muslim adalah kebaikan yang berlipat ganda. Tanpa disadari dengan membayar zakat fitrah, kita telah membangun silaturrahmi yang baik sesama manusia. Meskipun mungkin tidak terlihat secara nyata, akan tetapi percayalah, ada doa yang tercurahkan dari orang-orang yang menerima zakat fitrah tersebut untuk kita.

5. Menjadikan Harta Lebih Berkah dengan Menunaikan Zakat

Seperti yang kita ketahui, bahwa membagi rezeki kepada orang lain itu tidak akan mengurangi sedikit pun harta yang kita miliki. Bahkan, untuk memanggil atau mendekatkan rezeki milik kita, terkadang kita harus membagi lebih dulu rezeki yang masih kita miliki. Dengan membayar zakat fitrah menjelang Lebaran, itu akan menjadikan harta kita lebih berkah dan jauh lebih bermanfaat.

Nah, itulah pembahasan tentang 5 hikmah luar biasa dari membayar zakat menjelang Idulfitri. Semoga kita tidak pernah lelah untuk selalu berada di jalan kebaikan. Semoga bermanfaat, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like