5 Menu Makanan Wajib di Setiap Daerah Saat Hari Raya Idulfitri

Hai, Miks!

Menjelang hari raya Idulfitri pasti ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari pakaian yang akan dikenakan di hari Lebaran, uang dadakan bila mana ada keperluan lain, dan menu makanan yang disajikan saat hari Lebaran. Rasanya hari Lebaran tidak akan lengkap tanpa menyiapkan menu makanan untuk disantap bersama keluarga.

Selain sudah menjadi tradisi dan kebiasaan, menyiapkan menu makanan saat hari Lebaran adalah sesuatu mungkin hukumnya menjadi wajib. Tujuannya bukan hanya untuk menikmati makanan tersebut, akan tetapi sebagai bentuk syukur dan rasa bahagia karena telah diberi umur panjang untuk merasakan suasana hari raya Idulfitri.

Tidak terlepas dari itu, ternyata dalam setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas menu makanan masing-masing yang wajib disajikan dan disantap saat hari raya Idulfitri. Salah satunya di 5 daerah di bawah ini yang memiliki menu makanan wajib saat hari raya.

1. Jawa Timur dengan Ayam Lodhonya

Masyarakat Jawa Timur kerap menghidangkan ayam lodho saat acara-acara tertentu misalnya ketika Lebaran ataupun hari-hari besar keagamaan dan pesta pernikahan. Mereka menjadikan ayam lodho sebagai menu makanan wajib yang harus selalu ada saat Lebaran.

Berbeda dengan opor ayam, ayam lodho ini terlebih dulu harus dibakar hingga setengah matang, baru setelah itu ayam diolah seperti layaknya membuat opor ayam. Ayam lodho harus dimasak perlahan dengan api kecil hingga daging ayam kampung menjadi lunak serta bumbu lebih meresap. Proses pemasakan yang perlahan ini membuat kuah ayam lodho semakin mengental sehingga yang tersisa hanyalah sedikit kuah dengan bumbu yang kental.

2. Medan dengan Lontong Sayur dan Gulai Nangka

Berbeda dengan yang lainnya, Medan memiliki menu makanan wajib yang harus disajikan saat Lebaran. Lontong sayur dan gulai nangka menjadi menu andalan saat Lebaran. Namun, jika lontong sayur tidak ada, dapat diganti menggunakan ketupat atau nasi gurih.

Sementara itu, sajian yang juga khas saat Lebaran di Medan adalah gulai nangka yang merupakan menu turun temurun dari masyarakat Melayu Deli, Medan. Gulai nangka ini biasanya disajikan bersama lontong sayur. Wah, sedap sekali sepertinya, ya, Miks. Apalagi jika disantap bersama orang-orang tercinta.

3. Jawa Barat dengan Ketupat dan Opor Ayamnya

Lebaran tanpa ketupat ibarat sayur tanpa garam. Dengan bahan dasar beras, ketupat jadi hidangan wajib yang harus ada saat Hari Raya Idulfitri. Perihal proses pembuatan ketupat memang terkesan agak rumit, terutama pada proses anyaman daun kelapanya untuk dibentuk menjadi belah ketupat. Benar-benar membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus. Namun meskipun begitu, orang-orang yang berada di Jawa Barat bisa juga dengan mencari alternatif paling praktis dengan membeli belah ketupat siap pakai.

Tidak hanya ketupat, opor ayam juga menjadi hidangan wajib lainnya di hari Lebaran. Biasanya kebanyakan orang menggunakan ayam kampung daripada ayam negeri untuk menghasilkan cita rasa yang lebih gurih. Selain dagingnya yang empuk, ayam kampung memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Jawa Barat. Wah, menjelang Lebaran harus benar-benar siapin menu makanan wajibnya, ya, Miks!

4. Aceh dengan Timphannya

Aceh yang dikenal dengan kota, “Serambi Mekah” pun memiliki menu makanan wajib yang harus disajikan saat Lebaran. Tak lengkap rasanya hari Lebaran di Aceh tanpa Timphan: makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung ini memiliki keunikan tersendiri, dengan bertekstur lembek dan dibalut daun pisang makin menambah keunikan makahan khas Lebaran di Aceh yang satu ini.

Dengan berbahan dasar dari campuran tepung ketan, santan kental, dan garam, sedangkan untuk isinya (timphan–read) digunakan bahan-bahan penunjang lain yaitu telur ayam, gula pasir, terigu, nangka, kelapa muda, vanili, dan daun pandan. Benar-benar berbeda dari daerah lainnya, ya, Miks.

5. Pontianak dengan Ketupat Coleknya

Ketupat Colek bisa dibilang menu wajib saat hari raya Idulfitri di Pontianak. Ketupat Colek memang sama seperti ketupat pada umumnya, hanya saja penyajiannya yang begitu berbeda. Biasanya, di daerah-daerah lainnya ketupat colek disajikan dengan rendang yang dagingnya dipotong kecil-kecil ataupun dengan serundeng ale-ale/sejenis karang.

Cara makannya pun harus menggunakan tangan, lalu coletkan/cocol ketupat dengan masakan daging tersebut. Wah, ternyata Pontianak pun tidak ingin kalah dengan daerah-daerah lainnya. Menu makanan wajibnya pun sangat mengunggah lidah untuk secepatnya mencoba.

Nah, itulah pembahasan dari 5 menu makanan wajib di setiap daerah saat hari raya Idulfitri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan lebih luas, ya, Miks.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.