5 Keajaiban di Malam Terakhir Bulan Ramadan

Source: alinea.id

Hai, Miks!

Berada di penghujung bulan Ramadan memang diam-diam menyisihkan rasa sedih sebab sebentar lagi kita akan ditinggal pergi. Namun, meskipun kita merasa sedih, Bulan Ramadan tetap akan berlalu. Sebagai umat Islam, kita hanya bisa berikhtiar sebisa mungkin untuk melakukan yang terbaik, salah satunya menutup bulan suci penuh rahmat ini dengan cara menghidupkan malam terakhir Ramadan yang biasa disebut sebagai malam takbiran.

Malam takbiran adalah malam di mana seluruh umat Islam menyuarakan takbir sebagai bentuk syukur dan kebahagiaan akan menjemput hari kemenangan. Pada malam takbiran ini kita dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan yang akan membuat kita makin meningkatkan ketakwaaan dan keimanan kepada Allah Swt.

Inilah 5 keajaiban di malam terakhir bulan Ramadan yang harus kita ketahui. Jangan sampai dilewatkan begitu saja dan isilah dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat!

1. Menjadi Salah Satu Waktu yang Paling Diijabahnya Doa

Malam Takbiran adalah salah satu malam (di antara banyak malam), saat di mana segala doa akan terkabul. Seperti yang diucapkan oleh Imam Syafi’i bahwa doa akan diijabah pada 5 malam utama, yaitu malam jum’at, malam Idulfitri dan malam Iduladha, malam awal bulan rajab, dan malam nisfu Sya’ban.

Betapa mulianya malam terakhir bulan Ramadan yang menjadi salah satu waktu diijabahnya doa. Sebagai umat Islam, kita bisa memanfaatkan dan mengisi malam terakhir bulan Ramadan ini dengan beribadah dan berdoa kepada Allah Swt. untuk segala keinginan dan kebaikan pada diri kita.

2. Bergemanya Takbir di Mana-Mana

Pada malam terakhir bulan Ramadan, di setiap penjuru bumi pasti akan terdengar takbir yang bergema di mana-mana. Dari malam hingga terbitnya fajar, gema takbir mengisi seluruh alam semesta. Ini membuktikan bahwa malam terakhir di bulan Ramadan adalah sebuah keajaiban yang tidak dapat ditemui di lain waktu selain malam Iduladha.

3. Suasana yang Hanya Bisa Dirasakan Waktu Itu Saja

Hangatnya malam takbiran hanya akan terasa pada saat itu saja. Suasana bahagia, damai, tentram karena kondisi lingkungan yang religius dengan gema takbir di mana-mana. Tentunya sangat disayangkan jika kita hanya melewatkannya dengan tidur sepanjang malam. Sementara malam takbiran begitu jarang ditemui.

4. Para Malaikat Turun ke Bumi untuk Mendoakan

Sebagaimana Allah Swt. berfirman bahwa, “Para malaikat turun ke muka bumi untuk mendoakan seluruh umat Islam yang bertakbir pada malam terakhir bulan Ramadan.” Masyaallah, betapa mulianya malam terakhir bulan Ramadan ini yang semestinya kita isi dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat, salah satunya dengan beribadah dan bertakbir.

5. Barang Siapa yang Menghidupkan Malam Idulfitri, maka Surga Sebagai Ganjarannya

Dalam sebuah hadis menyebutkan bahwa, “Barang siapa yang menghidupkan malam 2 hari raya, yaitu Iduladha dan Idulfitri, maka hatinya akan terus hidup ketika hati manusia mulai mati dan tak berfungsi.”

Selain itu juga, Imam Abu al-Qasim al-Ashbahani dalam kitab targib wa tarhib meriwayatkan hadis dari sahabat Mu’adz Bin jabal ra bahwa Nabi saw. mengatakan orang yang menghidupkan 5 malam tertentu dengan beragam ibadah, maka ia mesti mendapatkan Surga, yaitu malam Tarwiyah, malam Arafah, malam Iduladha, malam Idulfitr, dan malam Nisfu Syakban. Hal ini telah membuktikan bahwa betapa luar biasanya malam terakhir bulan Ramadan.

Nah, itulah penjelasan dari 5 keajaiban di malam terakhir bulan Ramadan. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan, ya, Miks.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like