5 Kegiatan Penuh Makna yang Dilakukan Saat Hari Raya Idulfitri

Source: lifestyle.okezone.com

Hai, Miks!

Sebagai salah satu hari besar umat Islam, hari raya Idulfitri, biasanya identik dengan suasana yang kondusif dan religius. Tidak hanya diisi dengan berbagai makanan yang disajikan, ada beberapa kegiatan yang selalu dan biasa dilakukan saat hari raya Idulfitri.

Di manapun tempatnya, ada beberapa kegiatan yang tidak akan pernah terlepas atau sudah menjadi tradisi tersendiri bagi umat Islam tatkala hari raya Idulfitri. Tidak hanya di Indonesia, umat Islam di seluruh dunia pun turut serta melakukan kegiatan yang amat sangat kental dengan suasana hangatnya perayaan hari raya Idulfitri.

Selain memiliki makna yang luar biasa, juga memberikan efek positif bagi diri sendiri dan semakin mengeratkan hubungan silaturahmi dan inilah 5 kegiatan penuh makna yang dilakukan saat hari raya Idulfitri.

1. Salat Ied Berjamaah

Rasanya kurang lengkap jika hari raya Idulfitri tanpa melaksanakan salat Ied berjamaah. Mengingat bahwa Ramadan hanya datang sekali dalam setahun, maka salat Ied ini sangat disayangkan untuk dilewatkan. Apalagi hari raya Idulfitri menjadi penutup dari bulan Ramadan. Salah satu kegiatan yang memiliki ribuan makna ini hukumnya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan, ya, Miks.

2. Tradisi Bersalaman dan Bermaaf-maafan

Tidak hanya identik dengan salat Ied berjamaah, hari raya Idulfitri pun memiliki ciri khas yaitu tradisi bersalaman dan bermaaf-maafan. Tujuannya semata-mata hanya untuk saling memaafkan dan barangkali ada hubungan yang renggang, maka dengan adanya tradisi ini semoga yang jauh kembali didekatkan, yang dekat semakin didekatkan, dan yang merasa asing saling mengenalkan diri.

3. Menyantap Makanan Bersama Keluarga Besar

Tidak hanya di satu daerah, bahkan di seluruh dunia hampir setiap umat Islam menyiapkan menu makanan untuk disajikan dan disantap saat hari raya Idulfitri. Kedatangan dan perkumpulan keluarga besar adalah sesuatu yang paling dinanti-nantikan. Apalagi jika di dalamnya diisi dengan menyantap makan bersama, menghangatkan suasana dengan percakapan-percakapan keluarga, dan tentunya yang paling penting adalah makin menguatkan tali silaturrahmi.

4. Ziarah Kubur

Biasanya selepas menjalankan shalat Ied, umat Islam akan berbondong-bondong untuk pergi ke tempat pemakamanan umum maupun tempat pemakaman biasa. Saat hari raya Idulfitri, kebiasaan ini pasti akan dilakukan oleh hampir setiap umat Islam di dunia. Dengan mengantongi tujuan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal, maka kegiatan ini bisa disebut dengan salah satu kegiatan yang memiliki banyak makna.

5. Memberi Rezeki kepada Orang-Orang Terdekat atau Orang Lain

Singkatnya mungkin THR. Biasanya anak-anak kecil sengaja mendekati orang yang sudah dewasa untuk dibagi rezeki. Ya, ini adalah satu hal yang bisa dilakukan saat hari raya Idulfitri. Jangan lupa, doa-doa baik biasanya timbul saat orang yang kita kasihi merasa bahagia. Tidak hanya membagi rezeki kepada orang-orang terdekat, akan tetapi kita juga harus memberikan rezeki kepada orang lain.

Nah, itulah penjelasan dari 5 kegiatan penuh makna yang dilakukan saat hari raya Idulfitri. Semoga bermanfaat, ya, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like