Inilah 6 Amalan Penting di Bulan Syawal

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Tidak terasa kita telah berada di penghujung bulan suci Ramadan. Sebentar lagi kita akan bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan, yaitu hari raya Idulfitri. Semoga Allah subhanahu wa taala mengampuni dosa-dosa dan menjadikan kita kembali fitri (suci) di hari kemenangan tersebut. Amin. 

Hari raya Idulfitri jatuh pada tanggal 1 Syawal. Biasanya umat muslim sangat antusias menyambut kedatangan hari besar tersebut. Mereka berbondong-bondong menyiapkan baju baru dan juga kue kering khas Lebaran untuk menyambut datangnya tamu yang akan bersilaturahmi ke rumah.

Namun, bulan Syawal tidak hanya berbicara tentang baju baru dan kue kering saja, melainkan ada juga amalan-amalan yang sama pentingnya untuk dilakukan di bulan tersebut. Berikut adalah enam amalan penting yang wajib Anda tahu dan sebisa mungkin melakukannya di bulan Syawal.  

1. Puasa Sunah Syawal Selama 6 Hari 

Nabi Muhammad saw. bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).  

Anda semua pasti menyukai amalan sunah yang satu ini karena pahala yang akan didapatkan begitu besar. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan amalan sunah yang satu ini, ya! 

2. Bersegera Membayar Utang Puasa 

Seperti halnya utang uang, utang puasa juga harus segera Anda bayar ketika mampu melakukannya. Hal tersebut dikarenakan utang bisa menjadi penghalang seseorang masuk ke dalam Surga. Oleh karena itu, Anda jangan sampai menunda-nunda membayar utang puasa, ya! Segera bayar utang puasanya di bulan Syawal. 

3. Meningkatkan Silaturahmi 

Silaturahmi merupakan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah, bahkan, bagi mereka yang memutus tali silaturahmi tidak akan mencium bau Surga, na’udzubillahi min dzalik. Biasanya, umat Islam akan mengisi awal bulan Syawal dengan memperbanyak silaturahmi, baik dengan saudara maupun teman. Oleh karena itu, di masa pandemi ini Anda bisa memperbanyak silaturahmi di bulan Syawal dengan cara online melalui smartphone. 

4. Memperbanyak Sedekah 

Pada bulan Syawal, biasanya umat muslim memperbanyak sedekah dengan membagikan bingkisan Lebaran untuk para tetangga, teman, maupun saudara. Selain itu, mereka juga biasanya menyiapkan uang Lebaran yang sudah dimasukkan ke dalam amplop-amplop bergambar lucu untuk anak-anak kecil yang sedang berkumpul merayakan hari raya.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda tetap bisa meningkatkan sedekah di bulan Syawal, misalnya dengan membagikan bingkisan berupa sembako kepada orang-orang yang sedang membutuhkan. Jika tidak punya dana untuk bersedekah secara materi, Anda masih bisa bersedekah secara nonmateri misalnya dengan berbuat kebaikan-kebaikan yang bermanfaat bagi orang sekitar. 

5. Mempertahankan Amal Saleh 

Saat memasuki bulan Ramadan, orang berlomba-lomba meningkatkan amal saleh karena Allah melipatgandakan pahala orang yang berbuat kebaikan di bulan tersebut. Namun, bukan berarti setelah Ramadan berlalu Anda menjadi malas beramal saleh karena pahalanya tidak sebanyak di bulan Ramadan. Sejatinya Ramadan adalah pembiasaan bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan amal saleh. Oleh karena itu, pertahankanlah kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah dilakukan di bulan Ramadan. 

6. Menikah 

Aisyah radiallahuanha berkata, Rasulullah saw. menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?” (HR. Muslim, An Nasa’i). 

Apa pun yang dilakukan Rasulullah adalah sunah dan mengikuti sunah Rasul adalah suatu kebaikan. Oleh karena itu, Anda bisa merencanakan untuk menikah atau menikahkan seseorang di bulan Syawal agar mendapat pahala sunah. 

Itulah 6 amalan penting di bulan Syawal yang wajib Anda tahu dan sebisa mungkin mengamalkannya. Semangat terus, ya, Miks! 

0 Shares:
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like