Memetik Hikmah di Setiap Detik Penghujung Bulan ramadan

Source: news.detik.com

Hai, Miks!

Bulan Ramadan sebentar lagi akan berpulang dan itu artinya tidak akan lama lagi kita kembali ke bulan-bulan biasanya. Hangatnya bulan Ramadan, damainya hati sehabis menunaikan salat Tarawih, tenangnya pikiran setelah mengerjakan salat malam, dan melaksanakan sahur, itu akan secepatnya berakhir. Rasa sedih diam-diam menyelusup dalam hati dan untuk merasakan itu kembali, kita harus menunggunya dalam waktu yang cukup panjang.

Di detik-detik penghujung bulan Ramadan ini, mari kita maksimalkan segala kebaikan yang bisa kita lakukan. Dengan tujuan semata-mata untuk mengharapkan rida-Nya dan bentuk syukur sebab telah diberi kesempatan untuk kembali merasakan bulan Ramadan yang ke sekian kalinya.

Sebelum bulan Ramadan berakhir, inilah 5 cara memetik hikmah di setiap detik penghujung bulan Ramadan agar kita senantiasa merasakan berkah bulan Ramadan seutuhnya.

1. Iktikaf di Masjid dengan Membaca Al-Qur’an dan Berzikir

Jangan hanya bersemangat di awal bulan Ramadan saja, akan tetapi kita juga harus bersemangat sepanjang bulan Ramadan hingga berpulangnya kembali bulan Ramadan. Salah satu cara memetik hikmah di penghujung bulan Ramadan ini adalah dengan cara beritikaf di masjid dengan membaca Al-Qur’an dan berdzikir untuk kaum laki-laki. Untuk kaum perempuan bisa mengisinya dengan menghabiskan waktu di rumah untuk membaca Al-Qur’an dan senantiasa berzikir untuk selalu mengingat Allah Swt.

2. Menjaga Salat Malam

Selama masih berada di bulan Ramadan dan bisa melaksanakan sahur, maka alangkah lebih baiknya kita tetap menjaga salat malam untuk semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Berada di penghujung bulan Ramadan ini seharusnya membuat kita lebih rajin dan bersemangat untuk tetap menjaga salat malam dan niatkan diri semoga akan tetap berlanjut meski bulan Ramadan telah berakhir.

3. Menjaga Salat Sunah Lainnya

Adanya bulan Ramadan ini seharusnya membuat hati kita tergerak untuk tidak hanya melaksanakan salat wajib saja, akan tetapi melaksanakan salat sunah lainnya juga. Seperti salat Duha, Tahajud, Witir, dan yang lainnya. Kita bisa memetik hikmah di penghujung bulan Ramadan ini dengan tetap menjaga salat sunah lainnya agar selalu terbiasa untuk jangka waktu ke depannya.

4. Meniatkan Diri untuk Selalu Berbuat Kebaikan

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berada di jalan kebaikan. Niatkan dirimu sendiri untuk selalu berbuat kebaikan. Jadikan bulan Ramadan sebagai pembawa perubahan untuk dirimu menuju jalan yang lebih baik lagi. Ingat, orang baik tidak akan menyebut dirinya sendiri baik. Akan tetapi, orang baik adalah seseorang yang selalu berusaha untuk berbuat baik dan berada di jalan kebaikan.

5. Lebih Peka Terhadap Kesulitan Orang Lain

Dengan melaksanakan puasa, tentunya kita telah merasakan untuk selalu menahan diri dari makan dan minum. Lelah, lapar, letih pasti semua akan terasa dan di penghujung bulan Ramadan ini kita seharusnya lebih peka terhadap orang-orang yang begitu kesulitan hanya untuk menyantap sesuap nasi saja. Hikmah yang paling berharga adalah saat kebaikan kita tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, akan tetapi dirasakan juga oleh orang lain.

Nah, itulah penjelasan dari 5 cara memetik hikmah di setiap detik penghujung bulan Ramadan. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan, ya, Miks.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like