Tidak Bisa Mudik? Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini untuk Mengisi Libur Lebaran

Halo, Miks! 

Pasti Anda sudah tahu, pertengahan Maret 2020 kemarin virus corona telah masuk ke Indonesia. Sejak saat itu, Pemerintah memberlakukan gerakan social distancing dan physical distancing untuk mencegah penularan virus tersebut. Gerakan itu menyebabkan aktivitas sosial kita menjadi terbatas. Para pekerja harus bekerja dari rumah atau disebut juga dengan istilah work from home (WFH), anak-anak juga harus belajar dari rumah atau school from home (SFH). 

Sejak pertengahan Maret hingga Mei 2020 kasus COVID-19 terus meningkat, padahal tanggal 24 Mei nanti, umat muslim akan merayakan hari raya Idulfitri. Biasanya, umat muslim akan mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya tersebut. Namun, karena COVID-19 ini masih menyebar di seluruh Indonesia, maka Pemerintah melarang warganya mudik ke kampung halaman. Hal ini tentu membuat kita merasa sedih karena tidak bisa bertemu dengan keluarga. Namun, tenang saja, ya! Lima kegiatan seru ini bisa Anda lakukan untuk mengisi libur Idulfitri nanti. 

1. Salat Sunah Idul Fitri di Rumah 

Anda tentu sudah mengetahui bahwa saat ini salat berjamaah di masjid, termasuk salat Idulfitri ditiadakan untuk sementara waktu. Namun, Anda tidak usah bersedih karena kita bisa melaksanakan salat Idulfitri di rumah, baik sendirian ataupun berjamaah dengan keluarga tercinta. Seru banget ‘kan, Miks? 

2. Sungkeman dengan Keluarga Inti 

Jika di kampung Anda terbiasa sungkeman dengan keluarga besar, Lebaran kali ini, Anda bisa lebih fokus dan khusyuk sungkeman dengan anggota keluarga inti (bapak, ibu, dan anak-anak). Sungkeman ini dimaksudkan agar kita bisa saling memaafkan satu sama lain sehingga kita menjadi fitri (suci) kembali di hari raya. 

3. Silaturahmi Keluarga Melalui Aplikasi Smartphone 

Anda bisa menggunakan aplikasi Zoom atau video call pada WhatsApp untuk sungkeman dan bersilaturahmi dengan keluarga besar. Walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung, tetapi lewat kedua aplikasi tersebut Anda bisa melihat wajah anggota keluarga besar. Rasa kangen pun bisa sedikit terobati. 

4. Menonton TV Bersama Keluarga Inti 

Biasanya berbagai saluran TV yang ada akan berlomba-lomba menayangkan acara-acara seru untuk menghibur penonton di hari raya. Nah, Anda bisa menonton acara-acara seru tersebut bersama keluarga inti sambil menikmati kue Lebaran yang sudah tersedia di rumah. Asyik, bukan? 

5. Puasa Syawal di Hari Kedua Lebaran 

Sebuah hadis Rasulullah menjelaskan bahwa orang yang berpuasa Ramadan, kemudian melanjutkan puasanya dengan enam hari puasa sunah Syawal, maka pahalanya seperti orang yang berpuasa selama setahun. Puasa sunah Syawal ini bisa kita mulai pada hari kedua Lebaran atau tanggal 2 Syawal. Pada tahun-tahun lalu, Anda mungkin harus menunda puasa sunah Syawal karena harus bersilaturahmi ke rumah saudara dan teman. Nah, tahun ini adalah kesempatan yang bagus untuk melaksanakan puasa sunah Syawal lebih awal. 

Itulah 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan saat libur Lebaran nanti. Jangan bersedih lagi, ya, Miks! 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.