5 Tips Membaca Al-Qur’an Mudah dan Sederhana bagi Pemula

Source: ibtimes.id

Hai, Miks!

Al-Quran adalah kitab suci yang berisikan pedoman hidup umat Islam. Setiap orang yang membacanya akan dihitung oleh Allah sebagai ibadah, meskipun belum mengetahui artinya. Oleh sebab itu, umat Islam dituntut untuk belajar dan menguasai tulisan arab yang ada di dalam Al-Qur’an.

Selain itu, Allah menjanjikan pahala berlipat ganda dalam setiap bacaan Al-Qur’an. Di mana, membaca satu huruf Al-Qur’an dihitung dengan sepuluh kebaikan.

Belajar Al-Qur’an sesungguhnya tidak sulit. Namun, usia yang mungkin sudah terlalu tua dan banyaknya kesibukan membuat belajar Al-Qur’an terasa sulit bagi sebagian orang. Akan tetapi, jika semua itu didasari niat yang gigih dan ikhlas, niscaya semua orang bisa mempelajari Al-Qur’an dengan mudah.

Berikut tips membaca Al-Qur’an bagi pemula dengan mudah dan sederhana:

1. Mengenal Dasar Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah deretan abjad atau huruf dalam bahasa Arab. Allah Swt. menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an. Huruf hijaiyah sendiri terdiri dari 29 jenis, seperti ا،ب،ت،ث،خ،ح dan seterusnya.

Langkah paling awal seorang belajar Al-Qur’an adalah dengan mempelajari 29 huruf tersebut dan menghafalnya. Anda bisa mengingat atau menghapal huruf Hijaiyah yang berdiri sendiri, maupun bersambung dengan huruf lainnya.

2. Memahami Tanda Baca dan Hukumnya

Setelah menguasai huruf hijaiyah, Anda juga harus menguasai tanda baca. Biasanya, tanda baca di dalam Al-Qur’an adalah garis yang terletak di bawah atau atas sebuah huruf. Garis tersebut yang akan menentukan bacaanya.

Selain itu, ada juga tanda baca di dalam Al-Qur’an yang akan mengubah jenis, bacaan, dan makna. Biasanya, tanda ini diawali dengan huruf “alif” yang mati seperti mad jaiz munfasil, mad wajib muntasil, mad thabii, dan lainnya.

3. Menguasai Hukum Tajwid

Dalam bahasa Inggris, secara sederhana tahwid disebut juga dengan grammar. Dengan ilmu tajwid inilah Anda bisa melafalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Beberapa hukum tajwid yang umum biasa ditemui, seperti Idzhar (harus diucapkan dengan jelas), ikhfa’ (harus diucapkan secara mendengung), idgham (harus diucapkan dengan menebalkan huruf), dan Iqlab (harus diucapkan secara samar-samar). Biasanya, hukum tajwid terjadi jika terdapat “nun” mati dan “tanwin” bertemu salah satu satu huruf di depannya.

4. Menyiapkan Waktu untuk Membaca Alquran dan Mencari Guru Mengaji

Untuk mempelajari Al-Qur’an butuh proses panjang agar dapat menguasainya. Di antara cara untuk membaca Al-Qur’an dengan optimal ialah dengan meluangkan waktu. Pelajari bacaan Al-Qur’an setiap hari bersama guru agar perkembangan bacaan mudah dikontrol dan diperbaiki.

5. Belajar Bersungguh-Sungguh dan Rajin

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga harus melakukannya dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. Bacalah Al-Qur’an setiap waktu agar kemampuan lidah semakin fasih dan lancar melafalkannya.

Anda juga harus rajin mempraktekkan sendiri di sela-sela waktu luang. Cepat tidaknya penguasaan membaca bertumpu pada rajin tidaknya Anda mengulangi bacaan.

Nah, Miks! Itulah beberapa tips membaca Al-Qur’an dengan mudah dan sederhana bagi para pemula. Jangan malu untuk belajar membaca Al-Qur’an meski usia sudah tak muda lagi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like