5 Hal yang Wajib Ditingkatkan ketika Bulan Syawal Meski Ramadan Telah Berakhir

Source: islam.nu.or.id

Hai, Miks!

Selepas kepergian bulan Ramadan, sebagai umat Islam tentunya ada rasa sedih yang begitu dalam sebab tidak bisa lagi merasakan suasana hangatnya bulan suci penuh rahmat ini. Bahkan, kita harus menunggu satu tahun ke depan untuk bisa kembali merasakannya. Maka tidak heran jika sebagai umat Islam, kita, akan begitu menanti-nantikan kedatangan bulan puasa kembali.

Namun, meskipun begitu kehidupan kita harus tetap berlanjut. Dengan mengantongi bekal dari bulan Ramadan, maka seharusnya kita memiliki niat dan tekad untuk menjadi lebih baik lagi daripada tahun-tahun sebelumnya. Amalan-amalan selama bulan Ramadan alangkah lebih baiknya ditingkatkan kembali saat berada di bulan Syawal.

Tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja, inilah 5 hal yang wajib ditingkatkan ketika bulan Syawal meski Ramadan telah berakhir.

1. Memperbanyak Puasa Sunah

Berpuasa penuh selama 30 hari pada bulan Ramadan tentunya bisa kita jadikan bekal untuk lebih memperbanyak puasa sunah pada bulan Syawal. Apalagi seperti yang tercantum dalam sebuah hadis, “seperti yang sudah disebutkan dalam sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai, …’” (HR. Tirmidzi no. 2616. Syaikh Al Albani mengatakan dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abu Daud bahwa hadits ini shohih). Hal ini membuktikan bahwa bahwa puasa sunah pun tidak kalah penting dengan puasa Ramadan.

2. Menjaga Salat Malam

Jika pada saat bulan Ramadan sudah terbiasa melakukan salat malam, baik itu sebelum atau setelah sahur, maka selepas Ramadan berakhir ini kita harus tetap menjaganya. Mengingat betapa mulianya Allah Swt. memberikan rida-Nya pada hamba-Nya yang menunaikan salat malam. Oleh karena itu, di bulan Syawal ini kita harus makin meningkatkan dan menjaga salat malam.

3. Tetap Berlomba-Lomba dalam Kebaikan

Melakukan kebaikan seperti berbagi makanan, minum, bahkan tindakan yang lebih nyata maka itu harus tetap dilakukan di bulan Syawal juga. Jangan hanya dilakukan saat bulan ramadan saja, sebab malaikat tidak akan pernah berhenti mencatat apa yang kita lakukan setiap harinya. Tetaplah berlomba-lomba dalam kebaikan agar kita senantiasa menjadi orang yang lebih baik dan mendapatkan rida-Nya.

4. Selalu Menjaga Lisan agar Tetap Terhindar dari Keburukan

Puasa memang menganjurkan kita untuk menjaga hawa nafsu, termasuk menjaga lisan. Namun, itu jangan hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja. Di bulan Syawal ini juga kita harus tetap menjaga lisan, bahkan meningkatkannya agar semakin terhindar dari segala keburukan.

5. Meningkatkan Salat 5 Waktu

Jika bulan Ramadan membuat salatmu menjadi tepat waktu, lakukan hal itu juga di bulan Syawal dan bulan-bulan lainnya. Ini adalah salah satu bukti apakah bulan Ramadan membawa perubahan ataukah tidak. Kamu bisa menilainya sendiri dari bagaimana kualitas ibadahmu. Maka dari itu, meskipun di bulan Syawal tetap jaga salat 5 waktu itu agar selalu tepat waktu, ya, Miks!

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang wajib ditingkatkan ketika bulan Syawal meski Ramadan telah berakhir. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan, ya, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like