6 Alasan Penting Mempertahankan Salat Tahajud Selepas Ramadan

Source: metropolis.id

Hai, Miks!

Salah satu salat sunah yang sangat dianjurkan oleh Allah subhanahu wa taala untuk dikerjakan umat Islam adalah Salat Tahajud. Hal tersebut didasari oleh banyak dalil, di antaranya adalah firman Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Israa: 79, Adz-Dzaariyaat: 17-18, As-Sajdah: 16-17, dan Az-Zumar: 9.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam sebisa mungkin kita mengerjakan salat malam tersebut sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa taala. Jika di bulan Ramadan kemarin Anda sudah terbiasa bangun di sepertiga malam terakhir untuk sahur dan melaksanakan salat Tahajud, ada baiknya jika Anda mempertahankan kebiasaan baik tersebut.

Berikut adalah enam alasan penting yang mendasari mengapa Anda harus mempertahankan kebiasaan bangun di sepertiga malam terakhir dan melaksanakan salat Tahajud.

 1. Anda Sudah Terbiasa Bangun di Sepertiga Malam Terakhir

Saat bulan Ramadan kemarin tentunya Anda sudah terbiasa bangun di sepertiga malam terakhir untuk sahur. Kebiasaan selama satu bulan tersebut pastinya sudah menjadi alarm alami bagi tubuh Anda untuk bangun di sepertiga malam terakhir.

Alarm alami tersebut tidak boleh Anda sia-siakan. Selagi Anda terbangun di sepertiga malam karena tubuh Anda sudah terbiasa, segeralah mengambil air wudu dan mengerjakan salat Tahajud. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk istikamah melaksanakan salat Tahajud yang sangat dianjurkan oleh Allah tersebut.

2. Dengan Tahajud Doa Kita Dikabulkan Allah

Dalam salah satu hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda bahwa Allah subhanahu wa taala akan mengabulkan doa dan permintaan orang yang berdoa kepada Allah di sepertiga malam terakhir.

Sebagai manusia yang lemah tentu kita mempunyai banyak permintaan yang ingin dikabulkan oleh Allah subhanahu wa taala. Oleh karena itu, kita harus senantiasa istikamah melaksanakan salat Tahajud agar doa dan permintaan kita dikabulkan oleh Allah subhanahu wa taaala.

3. Kunci Masuk Surga

Anda semua pasti ingin masuk surga setelah meninggal dunia nanti. Oleh karena itu, Anda harus dapat mempertahankan keistikamahan dalam mengerjakan salat malam agar bisa masuk surga dengan selamat. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam hadis riwayat Tirmidzi yang mengatakan bahwa orang yang menyebarkan salam, memberi makan orang yang membutuhkan, menyambung silaturahmi, dan salat malam ketika orang lain tidur, maka dia akan masuk surga dengan selamat.

4. Salat yang Paling Utama Setelah Salat Wajib

Salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat Tahajud. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam sebuah hadis riwayat Muslim. Oleh karena itu, hendaknya kita senantiasa istikamah melaksanakan salat utama ini untuk menambah kedekatan kita kepada Sang Khalik.

5. Salat Tahajud Dapat Menghapus Dosa

Sebagai hamba yang lemah tentulah kita mempunyai banyak dosa. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak istigfar dan istikamah melaksanakan salat malam agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah subhanahu wa taala. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, bahwa salat malam dapat menjauhkan dosa dan menghapus kesalahan seseorang.

6. Salat Tahajud Dapat Menyucikan Jiwa

Salat Tahajud dapat menyucikan jiwa Anda. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang berbunyi: “Jika seseorang bangun di sepertiga malam lalu dia berwudu dan mendirikan salat malam, maka pada pagi harinya dia akan merasakan semangat dan baik jiwanya”.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tetap istikamah melaksanakan salat Tahajud selepas Ramadan agar jiwa Anda benar-benar menjadi suci.

Itulah enam alasan penting mempertahankan salat Tahajud selepas Ramadan. Semoga kita semua bisa selalu istikamah dan mendapatkan keutamaan salat Tahajud, ya, Miks. Amin.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like