2Langkah Dalam Tips dan Trik Menulis

Source: pexels.com

2 Langkah Dalam Tips dan Triik Menulis

Menulis adalah pekerjaan mudah. Kok mudah? Pasti Miks banyak yang penasaran. Ya kalau hanya menulis catatan pengeluaran kan mudah yang agak sedikit susah adalah menulis yang bernyawa. Menulis tentang cerita apalagi yang menyangkut kehidupan. Menulis yang bisa mengalir kata-katanya. Untaian kata yang merasuk ke jiwa pembaca.
Bagaimana itu menulis yang bernyawa?
Mungkin miks sering membaca suatu cerita di mana Miks terhanyut dan terbawa dalam alur cerita yang dibaca. Bahkan perasaan Miks terharu kadang sampai meneteskan air mata hanya karena membaca cerita.
Ketika membaca puisi, pembaca sekolah merasakan ruh dari puisi tersebut dan merasakan seperti yang tertuang dalam puisi. Itulah yang disebut tulisan bernyawa.
Inilah dua tips trik menulis yang ciamik sehingga pembaca merasakan apa yang kita tulis.
Pertama
Memulai menulis dengan niat yang lurus dan kuat. Dari niat ini menulislah setiap hari. Bagi pemula yang baru belajar nulis cobalah untuk menulis kejadian sehari-hari yang dialami dari bangun tidur hingga malam hari akan tidur. Cobalah menuliskannya setiap hari selama satu bulan. Kemudian tingkatkan lagi dari pengalaman sehari-hari untuk bualn berikutnya tulislah tentang kejadian disekitar anda tapi yang dialami oleh orang lain. Hal ini bisa kita ambil dari percakapan dengan adik, percakapan dengan tetangga ataupun dengan teman sekantor. Nah tentunya dengan mengetahui kejadian yang dialami oleh orang lain akan mengasah simpati dan kepekaan kita sebagai penulis. Lakukanlah itu secara rutin selama satu vulan. Jika ide mentok cobalah untuk tetep menulis. Tulis saja dulu tanpa edit-edit. Karena kalau kita terpaku pada edit mengedit maka kita akan berhenti dalam menulis. Tak terasa jika kita konsisten maka tulisan kita akan terasah dengan sendirinya. Skill menulis akan meningkat dan kepekaan dalam mengungkapkan kata-kata juga akan bertambah.
Kedua
Untuk langkah kedua sering-seringlah membaca buku. Mungkin Miks akan bertanya buku apa yang sebaiknya dibaca? Untuk awal-awal bacalah buku yang disukai. Misal novel. Kemudian dari novel bacalah berbagai genre novel meningkat lagi baca tentang puisi. Baca juga tentang karya non fiksi. Hal ini untuk menambah perbendaharaan kata dan juga ilmu yang didapat. Semakin banyak buku yang dibaca semakin baik untuk otak kita.
Ok Miks semoga bermanfaat ya. Selamat menulis secara kontinu dan konsisten ya.
Tantangan Makmood Publishing hari ke-1

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like