6 tips menjadi penulis hebat

Source: pixabay.com

6 Tips Menjadi penulis Hebat
Halo, Miks! Bagi sebagian orang, menulis merupakan satu kegiatan yang sangat menyenangkan bahkan ada yang sudah mendarah daging. Bila sehari tak menulis akan merasa ada yang kurang dalam aktivitas kesehariannya. Mudah baginya menuangkan ide tulisan dalam kondisi apa pun. Tentunya hal ini akan sulit dilakukan oleh orang yang baru saja menekuni dunia kepenulisan. Nah, Berikut ini tips yang bisa anda pelajari agar mudah menulis:
1. Pilih topik yang kamu kuasai.
Tips yang pertama ini tentu sangat membantu anda agar dapat menulis dengan baik dan mengalir laksana air. Misalnya anda hobi berkebun, maka mulailah menulis langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan saat hendak menanam. Atau anda suka memasak, maka mulailah menulis tips dan resep masakan yang pernah anda coba di rumah. Ya, menuliskan hal-hal yang anda sukai dan kuasai akan membuat anda menikmati dan mencintai proses menulis dari waktu ke waktu.

2. Tulislah kerangka tulisan.
Setelah memilih topik, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka tulisan atau outline. Catat apa saja yang ingin anda kembangkan dalam tulisan. Menulis kerangka tulisan membuat anda mudah dalam mengingat apa saja yang akan anda tulis. Tulisan akan lebih terarah dan mudah untuk dikembangkan.

3. Melakukan reset atau mencari data.
Mencari data dalam sebuah proyek penulisan merupakan hal yang harus dilakukan. Ibarat sayur tanpa garam, bila tulisan tanpa data yang akurat atau benaar, anda tidak dapat menyajikan tulisan yang kredibel. Tulisan anda akan dibaca oleh orang banyak, lho! Bagaimana kalau datanya tidak benar?

4. Tuangkan tulisanmu.
Langkah selanjutnya, setelah anda melakukan reset, mulailah menuangkan tulisan. Tuangkan tulisan sesuai dengan outline yang sudah dibuat. Jangan sekali-kali keluar dari outline, karena akan menbuat anda bingung dan macet dalam menulis.

5. Editing
Editing adalah bagian yang paling menyenangkan saat proses menulis. Baca kembali tulisan anda. Perhatikan letak tanda baca,cara penulisan kata-kata asing. Gunakan KBBI untuk mengecek EYD dan tulisan anda. Perhatikan juga kesesuaian antara kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.

6. Pilih media yang tepat.
Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memilih media yang sesuai dengan tulisan yang anda buat. Hal ini perlu dilakukan agar tulisan anda diterima dan terbit. Misalnya anda menulis tentang resep masakan, maka pilihlah media yang menerima naskah berisi resep masakan. Kesalahan anda dalam memillih media akan berakibat tidak terbitnya naskah yang telah anda buat.

  1. Itulah 6 tips yang bisa anda lakukan untuk menulis. Selamat mencoba ya, Miks! Semoga menulis menjadi hal yang menyenangkan dan anda menjadi penulis hebat.
1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like