Dapat Berkah dan Rupiah Lewat Menulis, Simak 6 Kiatnya!

Source: pexels.com

Halo, Miks!

“Ikatlah ilmu dengan mencatatnya (menulisnya)!” dari Silsilah Hadits As Shahihah no.2026.

Menulis merupakan sunnah dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam salah satu hadist, beliau menyuruh kita untuk mencatat ilmu yang kita dapat meskipun itu di tembok.  Apa yang kita dengar, lihat dan rasakan bisa menjadi ilmu yang baru, tergantung dari sisi mana kita menilai hal-hal tersebut.

Miks, mempunyai hobi menulis adalah hal yang harus disyukuri. Bakat dan kemampuan yang Anda miliki itu sungguh sangat bermanfaat, Anda bisa berbagi ilmu dan informasi kepada orang banyak.

Pada era milenial ini, hampir semua aspek berbasis digital. Keadaan ini menuntut kita untuk melakukan segala sesuatu serba cepat dan akurat, segala informasi yang kita butuhkan dari hal yang kecil sampai yang besar bisa didapatkan dari ponsel pintar kita. Lalu, bagaimana hobi menulis Anda bisa berfaedah dan menghasilkan rupiah? Yuk, kita simak kiat-kiatnya!

  1. Catat Semua Ide

Bagi yang mempunyai bakat menulis, biasanya banyak ide berkelebat di kepala. Jangan biarkan ia terbang, Miks! Ikat ide Anda dengan mencatatnya. Selalu siapkan notebook kecil dan pulpen, jika Anda sedang ada kegiatan di luar rumah tanpa membawa alat tulis, Anda bisa menggunakan ponsel untuk mencatat ide itu pada draft message, misalnya.

  1. Unduh Aplikasi Menulis pada Ponsel

Seperti yang sudah kita bahas pada poin pertama, Anda bisa memanfaatkan ponsel ada untuk mendukung kegiatan menulis Anda. Ada beberapa aplikasi yang mendukung seperti Word, WPS, Wattpad, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ide itu datang, segera ambil ponsel Anda dan tuangkan pada aplikasi tersebut.

  1. Upgrade Pengetahuan Literasi dan Rajin Mencari Informasi

Untuk menghasilkan rupiah dari tulisan, Anda harus rajin-rajin mencari informasi yang terkait dengan dunia literasi. Ada beberapa website berbayar yang siap menerima tulisan dari kontributor. Namun, tidak sembarang tulisan yang bisa dimuat di website. Anda harus bisa membuat tulisan yang informatif dan berbobot. Anda bisa mengikuti kelas-kelas menulis online, rajin membaca, melakukan riset, juga menggunakan KBBI dan PUEBI untuk mendukung kualitas tulisan Anda.

  1. Meluangkan Waktu untuk Menulis

Punya banyak ide tapi tidak ada eksekusi, ini akan sia-sia, Miks! Salah satu tantangan bagi penulis adalah mengeksekusi idenya. Anda harus mempunyai waktu untuk menulis atas ide yang tadi sudah Anda catat.

  1. Jangan Tergoda untuk Melihat yang Tidak Perlu

Untuk mendukung content tulisan, terkadang kita mencari referensi yang lain lewat website. Nah, Miks, jangan sampai Anda tergoda untuk scrolling hal-hal yang tidak penting, ya. Membuka medsos, melihat dan membaca apa yang ada didalamnya bisa membuat Anda terlupa akan tulisan yang sedang Anda tulis.

  1. Rawat Mood Menulis

Kalau Anda sudah bisa menjaga mood dalam menulis, berarti tugas selanjutnya adalah merawatnya. Memiliki motivasi dan menetapkan niat Anda untuk konsisten menulis, itu perlu Anda garis bawahi untuk selalu kembali ketujuan Anda menulis. Membuat jadwal tetap untuk menulis, mendengarkan musik, menyediakan beberapa kudapan dan minuman kesukaan sebagai mood booster bisa Anda lakukan sembari mengerjakan tulisan Anda.

Menulis bisa menjadi sarana dakwah Anda, Miks. Rupiah adalah bonusnya. Tulislah hal-hal yang bermanfaat, berbagi ilmu ke banyak orang lewat berbagai media yang super cepat seperti sekarang ini bukan lagi perkara sulit.

Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya?

Happy writing, Miks!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-1

1 Shares:
3 comments
  1. Wah alhamdulillah Saya juga senang nulis sejak SMP, tapi memang bener mood nulis harus tetap dijaga, selama ini suka menulis tapi tidak terlalu produktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like