Ingin Belajar Menulis? Ini Dia 8 Langkah Mudah Belajar Menulis Bagi Pemula

Source: Unsplash.com

Halo, Miks!

 

Anda tentu tahu bahwa aktivitas menulis secara ilmiah dapat memberikan banyak manfaat. Hal inilah yang memberikan motivasi untuk belajar menulis. Namun, dengan berbagai alasan, tidak semua orang berani untuk mulai menulis.

 

Nah, bagi Anda yang ingin belajar menulis, berikut 8 langkah mudah agar proses belajar Anda lancar.

 

  1. Mulai Menulis

Proses menulis dimulai dengan kemauan untuk mulai menulis. Tulislah apapun yang sedang Anda pikirkan atau kerjakan. Tuliskan pengalaman sehari-hari yang terjadi. Ide menulis kerap muncul melalui pengalaman. Tuliskan untuk diri Anda sendiri terlebih dahulu. Setelah menulis untuk diri sendiri, baca kembali tulisan tersebut. Posisikan diri Anda sebagai pembaca. Tulisan yang menarik hendaknya memiliki ikatan emosi dengan pembaca, seperti menimbulkan perasaan senang atau sedih, atau menjadi solusi permasalahan.

 

Seorang penulis hendaknya memiliki banyak sumber referensi. Mahir menulis diawali dengan rajin membaca. Melalui membaca, Anda akan lebih banyak menyerap informasi. Selain itu, kosakata yang Anda miliki akan bertambah. Kosakata merupakan bahan bakar agar tulisan Anda tersampaikan sesuai tujuan.

 

  1. Menulis Singkat

Menulis konten di media sosial seperti Whatapps, Facebook, Instagram, dan media lainnya dapat Anda gunakan sebagai wadah belajar menulis. Meski singkat, tulisan di media sosial merupakan titik awal mengekspresikan diri. Gunakan media sosial untuk memberikan inspirasi dan menyebarkan informasi yang bermanfaat. Anda bahkan bisa mendapatkan penghasilan melalui media sosial tersebut. Tulisan di media sosial kerap kali menjadi pijakan Anda untuk mengubah dunia.

 

  1. Tuliskan Hal yang Disukai atau Dikuasai

Hal yang paling mudah dilakukan adalah menuliskan pengalaman Anda sendiri. Pilih topik  yang Anda sukai seperti hobi atau hal lain yang dikuasai. Anda yang hobi memasak, dapat menulis resep dan tips memasak. Anda yang mahir memainkan alat musik, dapat menulis tentang alat musik tersebut dan cara memainkannya. Anda bahkan dapat menceritakan pengalaman saat berkunjung ke suatu tempat yang menarik. Gali pengalaman tersebut sehingga tulisan menarik untuk dibaca.

 

  1. Membuat Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan merupakan bagian dari perencanaan untuk menyelesaikan tulisan. Membuat kerangka tulisan akan membantu Anda mengingat hal yang akan ditulis. Kerangka dapat juga digunakan untuk mengumpulkan data ketika melengkapi tulisan.

 

  1. Lakukan Riset

Ketika memutuskan akan menulis sesuatu, lakukan riset dengan membaca banyak referensi. Referensi digunakan untuk mengumpulkan data agar tulisan yang dihasilkan kredibel. Terdapat dua jenis data yang dapat digunakan. Pertama adalah data primer. Data primer diperoleh langsung dari narasumber, misalnya melalui proses wawancara.

 

Kedua adalah data sekunder. Data sekunder dapat diperoleh melalui literatur seperti buku, jurnal, surat kabar, majalah atau media online. Bila menggunakan data sekunder, jangan lupa untuk mencantumkan sumber referensi. Hal ini juga berlaku untuk gambar atau foto. Mencantumkan sumber referensi akan menjadikan tulisan tersebut kredibel, profesional, dan Anda terbebas dari plagiat.

 

  1. Ciptakan Suasana Nyaman

Tuangkan ide dalam bentuk tulisan. Carilah suasana nyaman untuk menulis. Waktu, tempat, kondisi dan alat yang tepat dan nyaman untuk menulis dapat berbeda bagi setiap orang.

 

  1. Konsisten dan Memberi Tantangan Bagi Diri Sendiri

Ketika sudah menemukan kondisi yang nyaman, beri tantangan bagi diri Anda sendiri untuk menulis. Anda dapat menulis 300 kata setiap hari, menyelesaikan 1 artikel setiap minggu, menulis status di media sosial setiap hari selama 1 bulan atau tantangan lainnya. Memberi tantangan bagi diri sendiri, akan membantu Anda untuk mulai konsisten menulis.

 

  1. Bergabung dengan Komunitas Menulis

Bergabunglah dengan berbagai komunitas menulis. Komunitas menulis akan menjaga konsistensi menulis. Berbagai peluang, tips, bahkan tantangan menulis dapat Anda ikuti disana.

 

Nah, Miks, tips diatas boleh dicoba. Namun, yang terpenting adalah mulailah menulis. Fokuskan pada kenyamanan Anda dalam menulis. Proses yang terjadi pada setiap orang dapat berbeda. Memiliki target menulis dapat membantu Anda semakin mahir.

 

Selamat menulis.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-1

14 Shares:
4 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like