INILAH 7 TIPS  MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS

Source: pixabay.com

Halo, Miks!

 

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan bagi yang mempunyai hobby menulis mereka bisa mencurahkan semua pengalaman, pengetahuan dan pendapatnya melalui tulisan tetapi bagi yang tidak memiliki minat tulis menulis beranggapan menulis kegiatan yang membosankan.

 

Apakah profesi penulis itu karena mereka berbakat di dunia jurnalistik atau tulis menulis? Jawabannya, “Tidak”. Bagi yang mempunyai bakat menulis mereka lebih cepat berkembang, tetapi yang tidak mempunyai bakat menulis bisa dilatih dengan terus menerus menulis, banyak membaca dan belajar pada orang yang lebih profesional. Mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi akan lebih cepat menghasilkan tulisan. Kita bisa memulai belajar menulis yang paling mudah bardasarkan pengalaman sendiri, seperti travelling, parenting, bisnis, tips kesehatan dan sebagainya.

 

Nah, Miks bagaimana sih meningkatkan kemampuan menulis, yuks simak tips dibawah ini :

  1. Apapun yang terjadi tetaplah menulis

Untuk pemula yang sedang belajar menulis bisa membuat blog pribadi khusus memuat tulisan sendiri, setiap hari membuat tulisan dengan berbagai tema. Dengan terus berlatih akan terbiasa menggali ide dan suatu saat akan menghasilkan karya yang bagus dengan gaya dan bahasa sendiri. Kita tidak pernah tau tulisan ke berapa yang paling bagus, anda bisa mengirimkan ke media online, sebagai ajang latihan. Tidak perlu khawatir tulisan kita dimuat atau tidak yang terpenting tetap berlatih,  semakin banyak tulisan yang dikirim kemungkinan besar dimuat di media online akan semakin besar.

 

 

 

  1. Pilih Topik Yang Dikuasai

Bagi penulis pemula menjadi tantangan tersendiri bagaimana menyajikan aktivitas kita menjadi menarik untuk diceritakan. Tulislah apa yang anda rasakan, anda lihat dan anda dengar. Apa yang anda makan dan kerjakan menjadi cerita utuh untuk dibaca contoh: parenting (mengasuh anak sehari-hari).

Meskipun terlihat mudah tetapi membutuhkan kerja otak yang lumayan berat menghasilkan suatu tulisan, oleh karena itu dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang terus menerus.

  1. Banyak membaca

Agar anda bisa mengembangkan ide/tema dalam tulisan dibutuhkan literasi yang banyak untuk mendukung sebuah tulisan yang berkualitas. Pilihlah sesuai dengan tema yang akan dibuat, kemudian tulislah dengan gaya bahasa sendiri. Untuk tulisan article yang menggunakan gambar harus disertai keterangan sumber foto supaya terhindar dari plagiarism check.

  1. Melakukan Observasi/Penelitian

Tulisan yang membutuhkan keakuratan data harus melalui serangkaian observasi agar informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terdapat 2 jenis data untuk melengkapi tulisan sebagai berikut:

  1. Data Primer : Diperoleh dari narasumber secara langsung. Untuk memperoleh data primer, tentunya kamu harus melalui proses wawancara dengan narasumber contoh : wartawan sebuah tabloid dan surat kabar
  2. Data Sekunder : Bisa anda peroleh dari literatur seperti jurnal, online, surat kabar, majalah atau media online. Jangan lupa tuliskan bodynot dan daftar pustaka.

5.  Mengikuti Ajang Kompetisi Menulis

Dengan mengikuti ajang kompetisi melatih kemampuan menulis anda. Sampai sejauh mana keterampilan, pengetahuan dan gaya anda dalam menulis. Diharapkan kedepannya menghasilkan tulisan yang berkualitas.

  1. Menjadi Editor Karya Sendiri

Sebelum tulisan diterbitkan ada baiknya penulis membaca, supaya tidak terjadi typo, kesalahan penggunaan tanda baca serta sesuai ejaan EYD.

 

  1. Menguasai Mengetik 10 Jari

Bila penulis mempunyai skill mengetik 10 jari tanpa melihat keybord dan langsung menatap layar monitor, tulisan akan lebih cepat selesai pekerjaanpun lebih ringan. Penulis bisa mempraktekkan tutorial di you tube atau membaca buku ketrampilan  mengetik 10 jari.

Miks, itulah beberapa tips meningkatkan kemampuan menulis, segera melakukan action untuk menjadi penulis yang handal ya, tetap semangat, terus berlatih dan disiplin. Semoga bermanfaat.

 

Tantangan Makmood Publising hari ke-1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like