Membuat Menulis Sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Membuat Menulis Sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Hai, Miks!

Pernah mendengar atau membaca sebuah quote yang mengatakan “Jika ingin hidup lebih panjang daripada usiamu, maka menulislah.”
Memang benar quote tersebut. Jika kita bisa mempunyai sebuah atau beberapa buku yang berisi tulisan kita, atau membuat artikel yang diterbitkan, maka ide dan buah fikir kita akan terus dapat dibaca dan dinikmati oleh pembaca walaupun kita sudah tidak ada. Dan sebaiknya tulisan-tulisan kita adalah tulisan yang dapat selalu menginspirasi pembaca.
Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa menulis, membuat sebuah tulisan mungkin akan lebih mudah dibandingkan dengan orang yang baru mulai menulis. Namun tidak dipungkiri bahwa siapaun itu, baik orang yang sudah terbiasa membuat sebuah tulisan atau pemula, pasti akan menemui saat dimana begitu banyak ide bermunculan dan mendesak dikepala, namun tak kunjung dapat mengeluarkannya menjadi sebuah tulisan.
Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Diantaranya adalah tidak ada mood, sulit mencari waktu luang untuk menulis hingga sulit menuangkan ide dalam tulisan disebabkan kurangnya literasi dan diksi yang dimiliki.
Lalu adakah cara untuk membuat kegiatan menulis ini menjadi menyenangkan sehingga tujuan utama yaitu membuat tulisan yang bermutu dapat tercapai? Pasti ada. Yuk kita cermati bersama sama Miks!
Beberapa tips agar menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan :
1. Tetapkan tulisan yang akan kita tulis sesuai deadline yang ada

Ada beberapa orang yang karena memiliki banyak komitmen untuk beberapa tulisan, menjadi tidak fokus disebabkan tidak membuat list tentang deadline yang sudah ditetapkan. Hendaknya list tersebut kita patuhi agar dapat mengatur waktu kita. Misal, jika dalam satu bulan berjalan kita berkomitmen menulis tiga buah tulisan dengan deadline yang berbeda, maka kita harus meletakkan deadline terdekat sebagai prioritas sebelum mengerjakan yang lainnya. Ini harus kita disiplinkan agar kita terbisa menulis secara efektif dari segi waktu.

2. Menyediakan waktu yang benar-benar santai

Bisakah kita memiliki waktu yang benar-benar santai untuk menulis? Bisa. Waktu yang benar-benar santai tidaklah harus waktu yang panjang. Beberapa menit disela kegiatan kita sehari hari dan bisa kita lakukan beberapa kali dalam sehari. Tidak harus menulis banyak disetiap waktu menulis kita. Membiasakan diri menulis beberapa kata disetiap harinya, akan sangat memudahkan. Jika kita mempunyai banyak waktu santai di hari-hari libur, bisa kita pergunakan untuk menyelesaikan tulisan yang kita tulis di waktu sela kita, dan tentunya akan lebih mudah bukan?

3. Memahami jenis tulisan yang akan ditulis

Ini adalah wajib hukumnya jika kita mau menulis. Karena bagaimana kita bisa menghasilkan tulisan yang bagus jika kita tidak paham jenis tulisan yang akan kita tulis? Bukankah jenis tulisan itu banyak sekali? Jika kita tak paham dan tak mengerti aturan-aturan dari tulisan yang akan kita buat, maka kita tak akan bisa mencapai tujuan utama dari tulisan tersebut.

4. Rajin membaca

Penulis yang baik adalah yang rajin membaca. Sebab dari membaca kita bisa belajar memahami banyak jenis dan gaya tulisan. Membaca juga akan memperkaya diri kita dengan ide-ide dan tujuan kita akan semakin mendapatkan energy sebab terinspirasi dari tulisan-tulisan yang kita baca.

5. Memilih diksi yang tepat

Tulisan akan lebih “bernyawa” jika kita dapat memilih dan menggunakan diksi yang tepat. Banyaknya diksi yang kita miliki bisa berasal dari kegemaran kita membaca dan kemauan kita mencoba mengolah kata dalam tulisan-tulisan kita.

Nah, bagaimana Miks? Ternyata banyak cara yang bisa membuat kegiatan menulis kita menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan? Tidak merasa tertekan akibat dikejar deadline dan tidak bingung memilih kata hingga dapat menjadi kalimat yang baik dalam setiap jenis tulisan yang kita tulis.

Selamat mencoba dan semangat selalu untuk menjadi penulis yang produktif dan bahagia. Semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat buat kita semua.

Tantangan Makmood Publishing hari ke-1

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.