Tertarik Dengan Dunia Kepenulisan, Berikut 5 Tips Mudah Untuk Penulis Pemula

 

Halo, Miks! Dikutip dar Wikipedia, menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau
informasi dengan menggunakan aksara pada suatu media. Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat seperti pena atau pensil. Akan tetapi, pada era teknologi digital seperti sekarang, menulis juga bisa dilakukan pada media elektronik seperti komputer, laptop, atau handphnone.

Hobi menulis, bila ditekuni dan dijalani dengan sungguh-sungguh bisa dijadikan sebagai profesi yang bergengsi dan sangat menjanjikan. Penulis terkenal seperti Asma Nadia, Tere Liye, Gola Gong dan lainnya telah membuktikan bahwa menulis adalah profesi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jika Anda tertarik dan ingin mendalami dunia literasi, berikut 5 tips yang mudah diterapkan untuk penulis pemula.

1. Pilih Tema yang Ringan

Sebagai penulis pemula, hendaknya mengambil tema yang ringan untuk memudahkan proses menulis. Tema yang ringan cenderung mudah, karena tidak memerlukan proses analisa dan penelitian yang rumit.

Contoh, jika Anda seorang Ibu rumah tangga, maka bisa mengambil tema keseharian seperi, memasak, tips mudah mencuci pakaian, tips menghemat uang belanja dan tema yang lain yang berhubungan dengan keseharian ibu rumah tangga.

2. Percaya Diri

Percaya diri sangat diperlukan dalam kegiatan menulis. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan keyakinan hati dan pikiran penulis. Penulis yang percaya diri akan mempunyai warna dan karakter tersendiri dalam tulisannya.

Tak usah malu dan minder, karena tak ada seorang pun penulis terkenal yang melewati proses sebagai penulis pemula. Semua tentu pernah mengalami kagagalan dalam memulai proses itu.

3. Sering Membaca

Menulis dan membaca adalah dua hal yang sangat erat hubungannya. Penulis yang baik adalah pembaca yang handal. Tidak ada seorang penulis pun yang tidak hobi membaca. Membaca adalah kebutuhan bagi seorang penulis.

Dengan membaca wawasan dan pengetahuan menulis akan semakin bertambah. Untuk itu, jika ingin menjadi penulis hebat, banyak-banyaklah membaca untuk meningkatkan kualitas diri dan tulisan Anda. Semakin banyak membaca, semakin banyak referensi dan sumber data yang dikuasai sebagai bahan tulisan.

4. Sering Berlatih

Sebuah pedang yang sering diasah akan terjaga ketajamannya, begitu pula dengan menulis. Semakin sering menulis, akan semakin terasah pula kepiawaian Anda dalam menulis. Semakin sering berlatih menulis, akan memperkaya khazanah pembendaharaan kata yang dikuasai.

Ikut berpartisipasi dalam sebuah lomba atau even menulis, dapat menjadi ajang yang tepat untuk melatih ketajaman menulis. Selain melatih diri, lomba juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dibidang literasi.

5. Terima Saran dan Kritik Dengan Lapang Dada

Penulis yang baik adalah penulis yang bisa dengan lapang dada menerima saran dan kritik, baik dari senior atau pun dari sesama penulis pemula. Kritik yang membangun sangat membantu untuk mengetahui kesalahan dan kekeliuran dalam menulis. Hal ini tentu saja akan berguna sebagai ilmu dan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat.

Janganlah menjadi penulis arogan yang anti kritik, jadilah penulis yang bijak dengan selalu terbuka untuk menerima saran dan kritik. Ini akan sangat berguna untuk membangun citra dan karakter seorang penulis.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin berguna bagi seorang penulis pemula. Tetaplah menulis dan ciptakan mahakarya yang akan mengubah Dunia. Buatlah sejarah sendiri dengan tulisan yang bermanfaat dan membangun. Sebab tulisan adalah jati diri dan cerminan seorang penulis. Tulisan yang baik adalah yang bisa memberi manfaat bagi pembacanya,walaupun sedikit.

Semoga di masa datang akanĀ  lahir penulis-penulis hebat, yang mendunia. Yang mampu mengharumkan dan membawa Indonesia menjadi Negara yang patut diperhitungkan dalam bidang sastra kepenulisan.

 

#Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari ke-1

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.