Tips Dan Trik Menulis Bagi Pemula

Source: pexels.com

Hai Miks,

Bagaimana nih suasana hati kalian setelah diberlakukannya new normal ? Semoga selalu dalam kebahagiaan dan tentunya kesehatan ya, Miks. Kalau punya uneg-uneg seputar New Normal, kenapa tidak mencoba mencurahkannya lewat tulisan ? Selain melegakan, siapa tahu tulisan kalian bermanfaat jika dibaca oleh orang lain.

Berbicara mengenai menulis, tentu kegiatan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sejak di Taman Kanak-Kanak kita sudah diajarkan menulis oleh guru meskipun masih berupa coretan sederhana. Menulis tidak hanya sekadar kegiatan yang ada kaitannya dengan belajar mengajar namun juga bercerita.

Kalau sudah membahas mengenai serba serbi dunia kepenulisan, rasanya seperti tidak ada habisnya tema yang dibahas. Saya pribadi walau sudah hampir sebelas bulan menggeluti dunia kepenulisan namun masih saja harus belajar dari para masternya nih. Untuk itu saya tidak pernah bosan dan berhenti mengikuti jika ada kelas kepenulisan maupun komunitasnya.

Berikut beberapa sedikit tips dari saya untuk para penulis pemula :

  1. Menulislah yang ringan-ringan terlebih dahulu. Bisa mengenai keadaan sekitar yang sedang atau telah kita alami.
  2. Menulis dengan percaya diri. Tidak perlu risau dengan penilaian orang lain. Anggap saja menulis adalah bagian dari self healing (penyembuhan diri) untuk kita.
  3. Setelah selesai menulis panjang lebar barulah kita mulai mengedit tulisan sendiri. Hal ini menghindari adanya thyphoo atau salah ketik. Ada baiknya mulai belajar menulis sesuai kaidah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Selain tips menulis untuk pemula, saya juga ingin berbagi trik mengatasi rasa bosan dalam menulis, diantaranya :

  1. Kalau sudah jenuh menulis, segera matikan gawai atau laptop dan mulai cari kegiatan lainnya. Hal ini sering saya lakukan karena kalau dibiarkan bisa menimbulkan writer’s block atau kebuntuan dimana jika hal tersebut terjadi pada saya bisa berhari-hari saya tidak bisa memulai untuk menulis.
  2. Menulis tidak harus berjam-jam menatap layar smartphone maupun laptop. Cukup satu jam dalam sehari jika memungkinkan. Kalau saya sendiri bahkan bisa hanya tiga puluh menit saja menulis, lalu berhenti sejenak kemudian akan saya teruskan di saat mood sudah kembali datang.

Demikian Miks beberapa tips dan trik dari saya. Semoga bermanfaat ya untuk Miks semua.

Tantangan Makmood Publishing Hari ke-1

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like